Usai Upacara Hari Pahlawan, Forkopimda Boyolali Ziarah ke Makam Pahlawan

Forkopimda Boyolali ziarah ke makam Pahlawan usai upacara Hari Pahlawan, Sabtu 10 November 2018. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menggelar upacara di depan Kantor Bupati Boyolali, Sabtu (10/11) pagi. Bertindak sebagai inspektur upacara Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali Letkol Kav Herman Taryaman.

Upacara dihadiri anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Boyolali, sejumlah pejabat TNI/Polri, sipil di Boyolali. Sementara peserta upacara berasal dari berbagai elemen seperti ASN, TNI, Polri, dan pelajar.

Dalam amanatnya, Dandim mengajak seluruh elemen untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berani, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pejuang. Peringatan tersebut bukan hanya sebagai sebuah seremonial acara  belaka akan tetapi harus sarat makna.

“Harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari. Harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai perjuangan dan patriotisme dalam membangun Indonesia” ungkapnya.

Mengambil tema “Semangat Pahlawan di Dadaku” ini mengandung makna bahwa dalam diri setiap insan tertanam nilai kepahlawanan. Sehingga diharapkan dapat berinisiatif mengabdi dengan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bangsa dan negara.

“Oleh karenanya, peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan, mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan,” jelasnya.

Terlebih lagi, saat ini dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidangnya.

Setelah usai pelaksanaan upacara, agenda dilanjutkan dengan ziarah di Taman Makam Pahlawan Ratna Negara Boyolali.