Ratusan Prajurit TNI Kodim Klaten Diperiksa

Sejumlah anggota TNI di Klaten diperiksa jajaran Denpom IV Solo,Senin 7 Agustus 2017 di halaman Kodim 0723/Klaten. | Joko Larsono (/Fokusjateng.com)

Sejumlah anggota TNI di Klaten diperiksa jajaran Denpom IV Solo,Senin 7 Agustus 2017 di halaman Kodim 0723/Klaten. | Joko Larsono

FOKUS JATENG – KLATEN – Sejumlah anggota Detasemen Polisi Militer (Denpom) 04/IV Solo bersama provost Kodim 0723/Klaten melakukan razia surat-surat kendaraan terhadap sejumlah anggotanya.



Pasi Intel Kodim 0723/Klaten Kapten Inf Ghofar Afrofi mewakili Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Inf Bayu Jagat mengatakan, semua anggota TNI (Kodim) harus memiliki surat kendaraan bermotor baik itu milik pribadi maupun kendaraan militer.

“Operasi ini mengarah pada kelengkapan surat kendaraan pada anggota TNI Kodim, yakni mulai dari surat anggota prajurit, surat jalan, SIM dan STNK kendaraan,” ujar dia disela razia kepada anggotanya, Senin (7/8/2017) di Makodim 0723/Klaten.

Baca juga Ratusan Motor dan Mobil Anggota TNI Dirazia di Boyolali

Lebih lanjut ia mengatakan, operasi ini sifatnya preventif kemudian bagi yang tidak lengkap surat kendaraannya atau surat lainnya akan ditindak di satuan.

“Yang jelas apabila tidak lengkap surat kendaraannya mereka diminta untuk segera melengkapi surat kendaraannya. Dalam hal ini kami juga sudah koordinasi dengan Polres Klaten,” katanya.

Terkait hal itu, saat ini pihak Kodim sudah bekerjasama dengan Polres untuk pembuatan SIM secara kolektif. “Mulai dari anggota serta keluarga anggota TNI sudah dikoordinir untuk pembuatan surat kendaraan tersebut. Jadi jangan sampai prajurit (TNI) tidak memiliki surat kendaraan. Prajurit juga harus tertib di jalan umum. Total kendaraan yang dioperasi ada 150 an, saat ini sebagian anggota ikut kegiatan paskribrata di alun alun,” tungkasnya.



Anggota TNI Kodim Serda Prianto mengaku, sebagai anggota TNI harus tertib administrasi serta kelengkapan surat kendaraan. “Saya sudah dicek. Surat lengkap. Meskipun TNI kita harus tertib berlalulintas dan tertib surat kendaraannya,” pungkasnya.