Beginilah Saat Satpol PP Boyolali Menjalani Pembaretan

pembaretan

sebanyak109 anggota Satpol PP dan Damkar itu harus rela berguling di aspal serta menahan semprotan air dari selang Damkar . (/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Sebanyak 109 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Boyolali mengikuti kegiatan pembaretan. Kegiatan ini digelar di kawasan Selo dan Komplek Pemkab Boyolali, pada Senin (20/12/2021).
Kepala Satpol PP Boyolali Sunarno mengatakan kegiatan itu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan. Selain untuk meningkatkan keterampilan dan kepekaan anggota, salah satu tujuan kegiatan ini juga untuk menumbuhkembangkan jiwa korsa anggotanya.
“Kami laksanakan latihan PBB dan sejumlah latihan phisik lainnya. Sehingga dalam melaksanakan tugas sehari-hari anggota selalu tegap, tegas, sigap, dan tidak cengeng,” jelasnya.
Seperti yang terlihat saat pelatihan di Selo, sebanyak109 anggota Satpol PP dan Damkar itu harus rela merayap dan berlari di parit berlumpur. Kemudian di Jl Merdeka Timur Komplek Pemkab Boyolali, mereka juga harus berguling di aspal serta menahan semprotan air dari selang Damkar .
“Dari sebanyak 109 peserta ini, 20 diantaranya adalah anggota yang baru direkrut. Untuk pesertanya terdiri dari ASN, tenaga harian lepas, maupun Damkar di Satpol-PP Kabupaten Boyolali,” kata Sunarno.
Tidak hanya pria saja, anggota Satpol-PP Boyolali yang wanita juga mengikuti hal yang sama. Menurut Sunarno, kegiatan pembaretan ini juga untuk membentuk kedisiplinan dan profesionalitas para anggota Satpol-PP dalam mengamankan peraturan daerah (perda) dan penyelenggaraan pemerintahan daerah.
“Ini sebagian dari bentuk jiwa korsa yang ditanamkan selama pembaretan,” imbuhnya.
Kendati melewati pelatihan semi militer, lanjut Sunarno, anggota Satpol-PP ini tetap bersemangat dan kompak. Apalagi Instruktur atau pelatihan didatangkan dari Kodim 0724/Boyolali dan Instruktur dari internal Satpol-PP Kabupaten Boyolali sendiri.
“Pelatihan ini ditangani internal Satpol PP dan instruktur dari Kodim 0724/Boyolali dan itu wajib diikuti, agar memahami bahwa mendapatkan baret itu tidak mudah,” pungkasnya.