Warga Pergoki Buaya Berjemur di Kali Tempuran Anak Sungai Kali Pepe Boyolali Kota

Pencarian buaya di sungai Boyolali Kota. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Kali Tempuran anak Sungai Pepe di Dukuh Gombol, Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali Kota mendadak dipadati warga. Mereka digegerkan penampakan buaya yang sedang berjemur di tepi sungai itu, pada Jumat (2/7/2021) siang.

Kabar yang beredar buaya itu pertama kali diketahui Yakub, warga setempat saat mencari mencari pasir di sungai tersebut. Saat istirahat pukul 10.00, dia dikejutkan adanya seekor buaya sedang berjemur di pinggir sungai.

Merasa penasaran, ia kemudian berusaha mendekat untuk memastikan hewan itu benar- benar buaya. Sembari mendap-endap ia juga sempat mendokumentasikan buaya itu. Selanjutnya, dia pulang dan memberitahu warga yang diteruskan kepada perangkat desa setempat.

Temuan itupun lalu dilaporkan ke Tim SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali. Tim SAR dibantu relawan, warga dan petugas Polsek Boyolali Kota pun kemudian turun ke sungai melakukan pencarian. Namun hingga sore hari, buaya belum berhasil ditangkap.

“Ya baru kali ini ada buaya di sini,” ujar Suripto (49) warga setempat.

Dia berharap buaya dapat segera ditangkap agar tidak meresahkan warga. Karena, Sungai Tempuran selama ini dimanfaatkan warga untuk mencari pasir. Selain itu juga dekat areal pesawahan. Keberadaan buaya bisa membahayakan warga.

“Kalau dibiarkan, buaya bisa semakin besar,” ujarnya.

Sekdes Kebonbimo, Kecamatan Boyolali, Lyan Astamara membenarkan adanya penampakan buaya tersebut. “Iya, ini masih dalam pencarian Tim SAR. Mudah- mudahan buaya itu segera bisa ditangkap,” katanya.