Pemerintah Desa Pentur Kecamatan Simo Boyolali Gelar Bakti Sosial Droping Air Bersih ke Tiga Kecamatan

Droping air bersih dari Pemdes Pentur, Kecamatan Simo, Boyolali ditampung di sebuah bak terpal. (Istimewa/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Pemerintah Desa (Pemdes) Pentur, Kecamatan Simo, Boyolali menyalurkan bantuan air bersih ke tiga kecamatan. Bakti sosial ini sebagai bentuk respons cepat musibah krisis air bersih akibat musim kemarau panjang di Kabupaten Boyolali.

Kegiatan sosial ini bekerja sama dengan Ny Nana Widodo, pimpinan SPBU 4457509 Sukoharjo dan Agen LPJ 3 kg Boyolali. Yakni mengirim bantuan air bersih ke wilayah Kecamatan Wonosegoro, Wonosamodro dan Simo. “Bakti sosial yang kami gelar mengirim air bersih ke 15 titik di tiga kecamatan,” kata Kepala Desa Pentur Maskuriyadi, Selasa 1 Oktober 2019.

Bantuan air bersih ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat yang membutuhkan sebaik-baiknya. Sebab, musim kemarau panjang berdampak pada krisis air bersih di sebagian wilayah Boyolali, terutama di wilayah utara. “Kemarau panjang dapat diambil hikmahnya, yaitu bisa saling berbagi,” ujar dia.

Dia berharap juga dengan adanya bantuan air ini bisa meringankan beban masyarakat di wilayah setempat. Selain itu, baksos ini merupakan wujud solidaritas kemanusiaan.

“Karena air merupakan kebutuhan primer manusia. Maka sangat-sangat diharapkan masyarakat yang bermukim di wilayah rawan kekeringan,” tandasnya.

Sementara itu, mendapat bantuan air bersih dari Pemdes Pentur, Kecamatan Simo, warga di wilayah Kecamatan Wonosamodro pun sangat berterima kasih. Sebab, sudah beberapa bulan terakhir mengalami krisis air bersih. “Kami rela bikin tampungan terbuat dari terpal untuk menampung bantuan air bersih,” ujar salah satu warga.