Warga Kampung Susiloharjo Siswodipuran Boyolali Resmikan Kampung Jokowi

Ratusan warga Kampung Susiloharjo, Kelurahan Siswpdipuran, Boyolali meresmikan Kampung Jokowi Minggu 17 Maret 2019. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Satu lagi “Kampung Jokowi” diresmikan di wilayah Boyolali Minggu 17 Maret 2019. Yakni di Kampung Susiloharjo, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali Kota, Boyolali yang meresmikan kampunganya menjadi “Kampung Jokowi.

Ratusan warga setempat ini meresmikan “Kampung Jokowi” dengan kirab keliling kampung. Beragam kegiatan dilakukan seperti senam gembira dan bernyanyi. Tua muda, laki- laki dan perempuan turut meramaikan acara tersebut. Bahkan, mereka juga mengenakan aneka macam pakaian untuk menarik perhatian penonton.

Ada yang berpakaian ala pedagang lengkap dengan bakul yang berisi aneka dagangan sayur dan makanan ringan. Ada pula yang berpakaian ala badut. Bahkan ada pula laki- laki yang mengenakan pakaian ala perempuan.

Tak hanya itu saja, usai acara, para peserta disuguhi makan pagi nasi dan bubur tumpang. Makanan tersebut disiapkan di beberapa tempat sehingga peserta tak perlu berebut. Juga tersedia aneka makanan gorengan seperti bakwan dan mentho.

Begitu panitia mengumumkan peserta bisa menikmati hidangan, mereka pun langsung menyerbu meja yang sudah disediakan. Beberapa peserta mengambil sendiri makanan yang sudah disiapkan tersebut, namun ada pula yang meminta panitia untuk mengambilkannya. Panitia juga menyediakan minuman teh hangat sebagai pelengkap.

Ketua panitia, Sukoco menjelaskan, acara tersebut merupakan spontanitas dari warga di RW 12. Hal itu mengingat warga menyatakan mendukung Capres Jokowi dan Cawapres Ma’ruf Amin dalam Pilres 17 April mendatang.

“Ini semua juga warga sendiri yang menggagas dan menyiapkan perlengkapannya,” katanya disela- sela acara.

Terkait aneka macam pakaian yang dikenakan peserta, dia mengaku hal ini simbol beragamnya bangsa Indonesia. Dimana bangsa Indonesia juga terdiri dari beragam suku bangsa. Namun semuanya tetap satu yaitu Indonesia.

“Kami yakin dengan kepemimpinan Presiden Jokowi, maka keberagaman yang ada tetap dihargai dengan baik. Aneka budaya dan seni bisa tumbuh dengan baik pula,” tegasnya.