KPU Karanganyar Geber Coklit DPT Pilkada 2018. Ini yang Harus Dicermati…

Pemasangan stiker coklit di salah satu warga oleh petugas KPU Karanganyar, Minggu 21 Januari 2018. (Suroto/Fokusjateng.com)

KPU Diminta Cermati Perubahan Kependudukan Dalam Proses Coklit

FOKUS JATENG – KARANGANYAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini resmi mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih tetap (DPT). Coklit ini merupakan rangkaian pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng maupun pemilihan kepala daerah (pilkada).

Ketua Bawaslu Karanganyar Kustawa Esye menjelaskan, petugas KPU harus lebih cermat dan teliti dalam proses pencocokan dan penelitian daftar pemilih tetap (DPT). Sebab, tahapan coklit inilah yang nantinya menjadi pijakan dalam penetapatan DPT yang digunakan untuk pemilu, baik Pilgub maupun Pilkada.

Alasan pihak bawaslu meminta petugas coklit lebih cermat tak lain adanya perubahan terhadap warga. Baik yang sudah meninggal dunia, baru, maupun pindah penduduk. Jika tidak cermat, dikhawatirkan output dari coklit akan menjadi persoalan di kemudian hari.

“Kalau proses coklit dilakukan dengan cermat, maka hasilnya pun juga akan akurat. Tentu ini untuk antisipasi persoalan yang timbul di kemudian hari,” papar Kustawa, Sabtu 20 Januari 2018.

Menurut dia, keterlibatan bawaslu dalam proses coklit juga tak lain untuk memastikan salah satu tahapan Pilkada  itu berjalan dengan lancar. Banwaslu juga menghimbau masyarakat juga ikut terlibat agar tidak adanya warga yang tercecer dari DPT yang dicocokkan oleh KPU.

“Bagaimanapun DPT menjadi persoalan yang sangat urgen. Sering kali gugatan muncul sampai di Mahkamah Konstitusi (MK) ditimbulkan dari DPT yang tidak akurat. Kami (Banwaslu) juga bertindak untuk memastikan tidak adanya warga tercecer dari DPT,” tekannya.

Hari pertama coklit yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dari KPU Karanganyar, bersama Banwaslu mendatangi  masing-masing pasangan bakal calon (balon), baik Bupati maupun Wakil Bupati Karanganyar.

Mulai dari bakal calon bupati Yuliatmono, bakal  calon wakil bupati Rober Christanto, bakal calon bupati Rohadi Widodo, bakal calon wakil bupati Ida Retno Wahyuningsih, serta tokoh masyarakat Karanganyar Ki Manteb Sudarsono.

“Alhamdulillah hari pertama coklit tidak ada kendala, dan berjalan dengan lancar,” tandas Komisioner Divisi Teknis KPU Karanganyar Muhammad Maksum.