Asyikkk… Kabupaten Sukoharjo Raih Adipura Lagi

Penyerahan penghargaan Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup kepada Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Rabu 2 Agustus 2017. | Istimewa (/Fokusjateng.com)

Penyerahan penghargaan Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup kepada Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Rabu 2 Agustus 2017. | Istimewa

FOKUS JATENG – SUKOHARJO – Setelah Tahun 2016 Sukoharjo menerima Adipura, di tahun ini Sukoharjo kembali meraihnya. Penghargaan Adipura diterima Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, pada acara Malam Anugerah Lingkungan, di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu 2 Agustus 2017.



Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo Joko Sutarto, program Adipura bertujuan untuk mewujudkan kota yang bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance).

Baca juga: Kiat-Kiat Kota Solo Raih Piala Adipura Lagi

”Melalui program Adipura, pemerintah daerah diharapkan mampu mendorong penyesesaian berbagai isu lingkungan hidup, dan khususnya di Sukoharjo ini menerima Adipura dikarenakan pengelolaan Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah, dengan baik” jelasnya Kamis 3 Agustus 2017.



Tempat Pembuangan Akhir di Sukoharjo tidak hanya sebagai tempat penampung buangan sampah di bagian hilir saja. Pada TPA di Sukoharjo, sampah tidak hanya ditimbun, tetapi sampah dimanfaatkan menjadi barang yang bermanfaat. Timbunan sampah mempunyai banyak output yang bisa dimanfaatkan warga sekitar, salah satu diantaranya adalah gas methane (CH4) atau biogas karena gas ini bisa dimanfaatkan untuk bahan bahan bakar.

Baca juga: Luar Biasa: Kabupaten Wonogiri Kembali Raih Adipura Buana