131 Cakades Klaten Ikuti Deklarasi Damai

Para calon kades diminta untuk mentaati peraturan dan tahapan pilkades 2017, Kamis 20 Juli 2017. | Joko Larsono (/Fokusjateng.com)

Para calon kades diminta untuk mentaati peraturan dan tahapan pilkades 2017, Kamis 20 Juli 2017. | Joko Larsono

FOKUS JATENG – KLATEN – Sebanyak 131 calon kepala desa (cakades),Kamis 20 Juli 2017 mengikuti deklarasi damai di pendopo pemeritahan kabupaten (pemkab) Klaten.



Dalam deklarasi damai itu,terkait  kesanggupan dan kesiapan untuk mengikuti semua tahapan pelaksanaan dengan tertib, jujur, saling menghormati antar calon yang berpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku. Deklarasi diikuti 48 desa tersebar di 20 kecamatan dari 26 kecamatan di Klaten.

Baca juga: 752 Polisi Bakal Diterjunkan Amankan Pilkades Klaten

Plt Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, dalam setiap pemilihan selalu ada pihak yang terpilih sebagai pemenang dan ada pihak yang kalah.

“Para calon diminta agar siap menang dan siap kalah, sing menang jangan umuk sing kalah aja ngamuk.  Para calon harus dapat menjaga iklim kondusif agar gelaran pilkades berjalan demokratris dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga pilkades menjadi kemenangan nyata bagi rakyat yang melaksanakan,” katanya.

Baca juga: Hadapi Pilkades, Dua Desa di Prambanan Klaten Deklarasi Damai

Sri Mulyani meminta, para camat  harus melaksanakan tugas pembinan dan pembekalan kepada panitia, para calon dan saksi agar mempunyai pemahaman dan persepsi yang sama. ”Ini penting dilakukan agar pesta demokrasi di tingkat desa  ini berjalan lancar sukses tanpa ekses dan bebas dari money politik, maupun perbuatan tidak terpuji yang lain,” ujarnya.

Kapolres Klaten AKBP M Darwis mengatakan, saat pilkades nanti polres akan mengerahkan personil dan menempatkan anggota Brimob didaerah titik rawan. “Pilkades harus berjalan aman dan lancar,” tandasnya.