Tol Solo- Jogja Dibuka Fungsional Saat Libur Nataru

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo akan dibuka fungsional pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.Sekaligus mendukung kelancaran dan mengurangi kepadatan di jalur arteri Solo- Jogja.
Pimpinan Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, M Ahdal Masruhin mengatakan, pembukaan jalan tol secara fungsional akan dilakukan mulai dari STA 0-13 Karanganom atau sepanjang 13 kilometer.
“Atau lebih panjang dibandingkan saat libur lebaran lalu. Saat itu, pembukaan tol fungsional hanya smapai STA 6 di wilayah Kecamatan Sawit,” katanya. Jumat 24 November 2023.
Ahdal menambahkan untuk jalur masuk tol fungsional Solo- Jogja, ada dua buah. Jika dari tol Colomadu bisa langsung masuk ke tol Solo- Jogja yang sudah tersambung. Sedangkan untuk pengguna jalan arteri Solo- Semarang, masuk lewat exit tol Banyudono.
“Target kami tanggal 21 Desember sudah rigid semua untuk akses (fungsional). Exit Ngasem kita tutup karena kemarin untuk darurat saja. Kalau sekarang kita sudah full sesuai jalur kita Banyudono,” imbuhnya.
Adapun untuk jam buka tol fungsional, lanjut dia, masih akan dibahas dalam rapat bersam Dinas Perhubungan, Polri dan jajaran terkait lainnya.
“Seperti dulu, jam buka biasanya pukul 06.00 – 17.00. Dibuka satu arah atau dua arah, masih tunggu hasil rapat.” (**)