Masyarakat Tidak Perlu Panik Membeli Bahan Pangan Menjelang Lebaran

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Boyolali, Karsino mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir menjelang lebaran tahun ini terkait adanya kenaikan harga pangan (yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI- Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Boyolali, Karsino mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir menjelang lebaran tahun ini terkait adanya kenaikan harga pangan. Karsino menyatakan, harga pangan menjelang lebaran ini relatif terkendali.
Menurut Karsino, masyarakat tidak perlu panik dalam membeli bahan pangan menjelang lebaran. Sebab Pemkab Boyolali melalui tim pengendali inflasi daerah (TPID) Boyolali menjamin, ketersediaan bahan pangan di Boyolali aman dan mencukupi sampai Hari Raya Idulfitri 1443 H.
Karsino menambahkan, TPID akan terus memastikan agar harga bahan pokok bisa terus terjaga. Salah satu caranya dengan membagi menjadi dua tim yang bertugas memantau perkembangan harga pangan di sejumlah pasar tradisional.
“Tim petugas di pasar ini nantinya akan memantau harga-harga yang ada di daerah. Jika nantinya ada kenaikan, maka pemerintah siap melakukan operasi pasar.”
Kepala Bidang (Kabid) Usaha Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Boyolali, Agus Setiawan, menambahkan berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan, ketersediaan bahan pangan di Boyolali aman dan mencukupi sampai lebaran. Dengan demikian Agus mengimbau masyarakat untuk tidak panik serta bijak berbelanja kebutuhan lebaran nanti.
Mengingat, sejauh ini TPID Boyolali berupaya untuk menjaga ketersediaan pangan dulu.
“Jadi inflasi itu terjadi karena pasokan yang berkurang, untuk itu pasokan kebutuhan pokok harus tetap lancar dan terkendali agar tidak mengganggu harga.”