Komunitas Pedagang Sayur Bronjong Bagi-bagi Sayur & Buah untuk Warga Isoman

Komunitas Pedagang Sayur Bronjong Bagi-bagi Sayur & Buah untuk Warga Isoman (/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG – KARANGANYAR – Bantuan sayur dan buah juga sembako teruntuk warga isolasi mandiri (isoman) dan yang terdampak pandemi Covid-19 yang di gawangi relawan SAR Karanganyar kembali dilakukan.

Pasalnya selama mereka menjalani isoman, aktifitasnya terbatas. Karena mereka tidak bisa keluar rumah untuk membeli kebutuhan sehari-hari  seperti sayur dan buah atau kebutuhan lainnya.

Kali ini aksi sosial dengan menggandeng komunitas pedagang sayur bronjong yang tergabung dalam komunitas Pedagang Sayur Se-Karanganyar (PSSK) dan Barisan Serba Guna NU (Bagana) Kabupaten Karanganyar.

Komandan SAR Karanganyar Prihanto sebut donasi sayur bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri ini terkumpul sebanyak 400 paket sembako ditambah sayur dan buah.  Kemudian 60 paket  berisi sayur dan buah.  Bahkan Polres Karanganyar juga ikut berdonasi dengan memberikan bantuan telur dan pisang.

“Hari ini sudah terkumpul sekitar 400 paket sayuran. Ditambah semalam datang lagi donasi buah dan sayur dari pedagang pasar Tawangmangu yang dibawa 2 mobil colt,” jelas Prihanto, Jumat (6/8).

Menurutnya, bantuan berupa sayur dan buah sengaja dipilih karena dalam kondisi seperti ini selain vitamin juga diperlukan asupan gizi bagi mereka yang menjalani isoman. Dan sayuran memiliki manfaat untuk menambah gizi bagi mereka.

“Sayur mayur, buah dibutuhkan untuk gizi mereka, karena mengandung  gizi tinggi,” ungkapnya.

Paket yang dibagikan di beberapa titik tersebut diantaranya berisi beras,  sayuran,  buah,  mie, susu, telur dan beberapa item barang lainnya.

“Untuk lokasinya sudah dipilah-pilah, dimana yang paling membutuhkan, siang ini langsung disalurkan,” ungkapnya.

Wasisto, ketua  komunitas Pedagang Sayur Keliling Se-Karanganyar (PSSK)

sebut komunitasnya ikut peduli dengan kondisi Covid-19 yang dirasakan semua kalangan.

Komunitas PSSK terbentuk memang untuk kegiatan bakti sosial dengan keanggotaan saat ini sebanyak 284 anggota. Mereka tersebar di pasar Bejen, Karangpandan,  Matesih, Jumapolo,  Gembong.

“Kami ikhlas membantu, harapannya mereka yang saat ini menjalani isoman bisa segera sembuh dan pandemi Covid segera selesai,” harapnya.

Ditambahkan Winarno Bandung Prakosa, wakil ketua Bagana (Banser Tanggap Bencana)  Kabupaten Karanganyar,  masyarakat yang menjalani isoman sangat membutuhkan bantuan dari masyarakat semua.

“Kami bersinergi dengan rekan -rekan Bagana berpartisipasi dalam aksi sosial.  Karena Bagana ora pingin kondang tapi temandang,” imbuhnya.

Terpisah Wakil Pelaksana Bidang Kebencanaan SAR Kabupaten Karanganyar, Muhamad Rosyid Alfauzan sebut untuk lokasi pembagian donasi sayur, buah dan sembako bagi warga isoman sudah di data.

“Diantaranya kecamatan Kebakkrmat, Banjarharjo, Kaliwuluh dan kebak.  Kemudian Jatipuro ada 4 titik. Yakni kelurahan Jatisobo,  Jatiroto dan Kwangan.  Di jatiyoso ada 40 paket tapi dibagikan menyebar. Dan Jumantono ada 20 titik,” pungkasnya.