Ratusan Buruh Gendong di Boyolali Terima Tali Asih Jelang Lebaran

Penyerahan tali asih buruh gendong di Pendapa Alit Rumdin Bupati Boyolali. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Ratusan Buruh gendong dan petugas kebersihan menerima tali asih bingkisan untuk menyambut Hari Raya Idhul Fitri 1442 Hijriyah dari Pemkab Boyolali, di Pendopo Alit Rumah Dinas Bupati Boyolali, Selasa (4/5/2021).
Menurut Bupati Boyolali M. Said Hidayat kegiatan tersebut merupakan suatu wujud perhatian pemerintah terhadap keberadaan buruh gendong dan petugas kebersihan.

“Kami berharap bingkisan itu, disaat pandemi ini dapat membantu dan memberikan satu kemanfaaatan bagi keluarga buruh gendong dan petugas kebersihan dalam merayakan Idhul Fitri,” kata M Said usai menyerahkan secara langsung bingkisan lebaran kepada lima orang perwakilan buruh gendong dan petugas kebersihan.

Adapun paket bingkisan tersebut dibagi untuk 112 orang, terdiri 56 orang dari pasar kota Boyolali dan 56 orang dari pasar Sunggingan. Jumlah tersebut mengalami penurunan dari jumlah tahun lalu sebanyak 156 orang, dikarenakan jumlah buruh gendong menurun pada tahun ini.

“Ya karena jumlah buruh gendong menurun pada tahun ini,” kata Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Bina Mental Spiritual Bagian Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Boyolali, Partini.

Salah satu buruh gendong pasar Sunggingan, Binem, mengungkapkan rasa terimakasihnya karena telah diberikan bingkisan lebaran tersebut. Ia mengaku bingkisan tersebut akan dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan pangan bersama anak-anaknya.

“Nggih maturnuwun sanget, kulo diparingi nopo sak rencang,” kata Binem mengatakan sangat berterimakasih, dirinya dan teman-temannya telah diberi sesuatu.