Buah Pisang Bertandan Cabang Gemparkan Warga di Sekitar Ponpes Al Hikam Banyudono Boyolali

Pohon pisang bertandan cabang tumbuh di Ponpes Al Hikam Banyudono, Boyolali. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Fenomena empat pohon pisang unik terjadi di Boyolali, di halaman belakang dan pekarangan Ponpes Al Hikam, Desa/Kecamatan Banyudono. Tiga pohon di antaranya batangnya tampak bercabang dan satu batang bercabang pada tandan dan buahnya terlihat berisi. Bahkan, terlihat ada satu buah pisang yang sudah menguning tanda siap dipanen.

“Keunikan itu baru terlihat setelah pohonnya besar. Dari bawah terlihat hanya satu batang saja. Namun sampai di atas batang pisang itu seperti membelah menjadi dua. Kedua batang pisang itu pun berbuah dengan normal semua,” ujar karyawan di Ponpes Al Hikam, Pamungkas.

Dijelaskan, pisang unik tersebut berjenis pisang kapok. Kemunculan pisang tersebut merupakan yang kedua kalinya. Bahkan, dulu buahnya lebih lebat dari pada saat ini. “Ya, sering jadi tontonan para siswa maupun para orang tua siswa ketika sekolah masuk biasa sebelum pandemi Covid-19,” katanya.

Pamungkas mengaku tidak tahu persis penyebab batang pisang unik itu hanya memiliki satu tunas. “Kami tidak tahu persisnya. Mungkin saja karena batangnya bercabang, jadi tidak muncul tunas baru. Kalaupun muncul hanya satu tunas saja,”ujarnya.

Senada, Muslikah, istri dari Ali Mukhson, pimpinan pengasuh Ponpes Al Hikam menambahkan, bibit pisang tersebut dibawa salah satu putranya langsung dari Gorontalo. Sehingga sering disebut pisang kepok Gorontalo.
“Buahnya manis seperti jenis kepok kuning yang biasa tumbuh disini,” ujarnya.