Hari Anak Nasional 2019, Boyolali Kembali Raih KLA Pratama

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Yohana Susana Yembise dan Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat di Hotel Four Points, Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (23/7/2019). Istimewa (/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG – MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali kembali raih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) 2019 kategori Pratama. Predikat yang diperoleh bersamaan dengan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 itu karena Kota Susu ini dinilai komprehensif dalam menerapkan kebijakan pembangunan berbasis hak anak serta berkomitmen dalam pemenuhan hak-hak anak.

Berbagai tahapan dilalui Pemkab Boyolali dikomandoi Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) sehingga Kota Susu dinilai telah menerapkan kebijakan pembangunan berbasis hak anak serta berkomitmen dalam pemenuhan hak anak.

Penghargaan diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Yohana Susana Yembise dan diterima langsung Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat di Hotel Four Points, Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (23/7/2019) tadi malam.

Untuk diketahui, sebanyak 247 kabupaten maupun kota dinyatakan meraih KLA. Jumlah tersebut meningkat dari tahun lalu sebanyak 177 daerah atau naik 40 persen.

Penilaian tahun ini terbilang lebih rumit dan kompleks dibanding tahun lalu. Setiap daerah harus melakukan evaluasi mandiri secara daring atau mengevaluasi diri sendiri berdasarkan berbagai indikator pertanyaan atau variabel evaluasi.

Tim verifikasi dari Kementerian PPPA sebelumnya telah mengunjungi Kabupaten Boyolali dengan mengecek tempat indikator yang menunjukkan program KLA ini.

Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat usia menerima mengapresiasi Boyolali kembali meraih penghargaan tersebut. Ia berharap, penghargaan itu semakin memotivasi OPD untuk mewujudkan hak-hak anak, serta lebih bersungguh-sungguh lagi dalam memenuhi apa yang menjadi hak-hak anak.

“Baru saja kita menerima kembali Kabupaten Layak Anak 2019 ini pada kategori Pratama. Tentunya apapun itu hasilnya apa yang kita raih kami sangat mengapresiasi,” terang Wabup Said.

Tercapainya penghargaan ini merupakan peran serta bersama dalam rangka perhatian kita terhadap perkembangan anak,” imbuh Said.

Untuk itu ke depannya diharapkan untuk semakin ditingkatkan arapan kita bagaimana ke depan Boyolali dapat meningkatkan prestasi. (*)