Duh… Akun Medsos Ketua DPRD Sragen Bambang Samekto Dibajak, Artis Dimintai Uang

Percakapan akun Ketua DPRD Sragen Bambang Samekto yang dibajak orang. (Huriyanto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SRAGEN-Akun Facebook Ketua DPRD Sragen Bambang Samekto dibajak oleh orang tidak bertanggungjawanb. Pelaku meminta sejumlah uang ke teman-temannya dengan besaran hingga Jutaan dengan alasan biaya pengobatan. Termasuk sejumlah kalangan artis dan seniman yang dekat dengannya.

Bambang mengaku baru sadar bahwa akun medsos miliknya diretas Senin 14 Januari 2019 . Dia sadar setelah banyak temannya yang berusaha mengonfirmasi tentang pesan yang dikirimkan dari akunnya. ”Account messenger yang dibajak. Saya baru tahu tiba-tiba ada banyak teman yang konfirmasi ke saya, seperti Pelawak Pangsit Asmara pangben dan vokalis Doklat band, jacklyn, ratusan orang ditipu pakai akun saya,” terang Bambang.

Penipu yang membajak akunnya membuat seoalah orah dirinya bingung dengan tidak punya uang. Modus penipu tersebut mengabarkan bahwa istri Bambang Samekto sakit Kanker dan dirawat di Jakarta. Lantas akan dirujuk ke Penang Malaysia.

Pihaknya meminta agar teman-temannya tidak lantas langsung percaya dengan kabar tersebut. Dia menjelaskan sejumlah rekannya bercerita tentang cara pelaku menghubungi melalui messenger. ”Modusnya sama, teman yang dihubungi kemudian minta tolong supaya mengirim uang,” terangnya.

Aksi kejahatan yang serupa juga menimpa Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto akhir 2018 lalu. Nama Tatag dicatut orang tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Pelaku sengaja menggunakan akun Facebook dengan nama dan foto profile Tatag lalu mengirimkan pesan messenger kepada calon korban. Dalam pesan itu, meminta dikirimi uang senilai Rp3 juta. Akun abal-abal tersebut meminta uang senilai Rp3 juta.