Permudah Layanan SIM, Polres Sragen Luncurkan Program SIDORA

Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman didampingi Kasatlantas Polres Sragen AKP Dwi Erna Rustanti memberikan keterangan pers Jumat 22 September 2017. (Huriyanto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – SRAGEN – Majunya teknologi bisa dirasakan masyarakat, bahkan bisa dikendalikan sendiri lewat tangan. Memanfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi, Polres Sragen meluncurkan program aplikasi SIM, yaitu masyarakat hanya cukup daftar secara online.

Aplikasi SIM Online Sragen (Sidora) ini diluncurkan Jumat 22 September 2017. Melalui aplikasi ini para pemohon SIM bisa mendaftar langsung dari mana saja. Sehingga akan lebih efisien dan mengurangi antrean.

Kepada fokusjateng.com, Kasat Lantas Polres Sragen AKP Dwi Erna Rustanti mengatakan, program ini mempermudah masyarakat yang ingin membuat SIM. Program ini sangat cocok bagi masyarakat yang terbatasnya waktu karena kerja.

”Dengan program Sidora ini pelayanan SIM akan lebih mudah, karena kita kemas secara online,” terangnya.

Menurut Erna, masyarakat yang tidak mempunyai banyak waktu untuk datang langsung ke kantor Polres Sragen bisa mendaftar melalui aplikasi Sidora. Pelayanan ini memang khusus bagi warga yang menggunakan handphone android.

Caranya, terlebih dahulu pemohon SIM harus men-download terlebih dahulu aplikasi Sidora melalui play store yang tersedia dalam HP android.

”Kalau sudah berhasil dibuka nanti ada aplikasi pendaftaran SIM. Selanjutnya kita diminta mengisi identitas diri dan alamat email. Dari aplikasi itu sudah jelas, silahkan didaftar dan akan diterima mail kita,” jelas AKP Dwi Erna mewakili Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman.

Langkah selanjutnya, kata Erna, nanti pemohon tinggal datang ke kantor SIM untuk langsung foto. Namun sebelumnya harus membawa dulu surat keterangan sehat dari dokter sebagai syarat permohonan SIM.

”Proses ini lebih cepat. Apalgi untuk pemohon perpanjangan SIM bisa ditunggu dan langsung jadi. Tapi bagi pemohon baru setelah foto, nanti ada tahapan ujian teori dan praktek,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman menyampaikan, program Sidora di-launching bertepatan dengan HUT Satlantas Polri. Ini merupakan terobosan baru yang digagas Satlantas Polres Sragen untuk member kemudahan masyarakat dalam membuat SIM.

”Jadi konsep ini untuk memberi akses kemudahan masyarakat pemohon SIM yang punya keterbatasan waktu,” ujarnya.