Bothok Mercon Mbah Wiro Jadi Pilihan Kuliner Akhir Pekan

FOKUS JATENG – SRAGEN – Kota Sragen terkenal juga beraneka ragam kulinernya, salah satunya adalah warung makan “Bothok Mercon Mbah Wiro” warung makan yang berada persis di jalan Raya Gabugan – Sragen, lebih tepatnya Dusun Nglombo, Desa Tenggak Kecamatan Sidoharjo- Sragen.



Warung yang telah buka sejak tahun 80 an ini, hingga saat masih menjadi langganan masyarakat Sragen, terlihat belasan orang tampak asyik menikmati makanan di depan mereka.

Saat fokusjateng.com berkunjung di warung Bothok mercon mbah Wiro, terlihat kesibukan mbah Wiro sedang menbungkus bothok mercon olahannya tersebut untuk di kukus, uniknya membungkusnya menggunakan daun pisang dan dengan cepitan jiting (sapu lidi kecil), warung tersebut setiap harinya mampu menghabiskan sedikitnya 60 kg Ikan Patin dan 15 kg Daging ayam, dengan harga satu porsi dengan nasi dan teh manis di tarif Rp.15000 ( lima belas ribu rupiah).

Namum jika pembeli hanya membeli botok saja hanya Rp.8000 ( delapan ribu rupiah ) baik ayam maupun ikan patin , saat mudik lebaran kemarin hingga arus balik ,warung makan ini mampu menghabiskan ikan patin 1(satu) kintal .

Setiap harinya putra mbah wiro yaitu mujiono(42) ikut membantu di warung. Dirinya mengaku sangat senang bisa membantu orang tua nya “Ya senang mas, selain menbantu orang tua yang sudah berusia lanjut, kan tidak mungkin jika ibu harus turun tangan sendiri melayani ratusan pembeli setiap hari nya. Selain itu untuk mencari nafkah buat anak istri juga,” Kata dia. (yan)