Cara Warga Tanon Sragen Syukuri Nikmat Tuhan

Ratusan Warga Dukuh Karang, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Sragen, menggelar tradisi nyadran Rabu 5 Juli 2017. | Hariyanto (/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – SRAGEN – Berbagai macam cara dilakukan warga untuk mensyukuri nikmat Tuhan. Seperti yang dilakukan ratusan warga Dukuh Karang, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Rabu 5 Juli 2017.

Mereka berbondong-bondong ke kebun dekat sumber air di desa setempat menggelar sadranan. Tradisi tahunan ini sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang telah melimpahkan rezeki dan keselamatan. Diambil di lokasi sumber air lantaran nikmat Tuhan yang sangat penting adalah air.

Mereka membawa aneka makanan seperti nasi serta lauk pauk dan makanan ringan. Selanjutnya disantap bersama-sama setelah dipanjatkan doa oleh sesepuh desa. Doa dipimpin Warji (53) yang diamini warga.

Admo Dimejo (87), sesepuh desa setempat mengatakan, kegiatan rutin tahunan tersebut dilakukan setiap Rabu legi. Acaranya dinamakan ”sadranan” atau ”nyadran”.

”Tradisi ini tetap digelar sebagai bentuk syukur kepada Tuhan yang telah memberikan nikmat dan suatu sumber mata air melimpah kepada warga kampong,” tuturnya. (hur)