Seorang Calon Haji Embarkasi Solo Wafat di Tanah Suci

Koordinator Humas, PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin (yull/Fokusjateng.com)

Fokus Jateng-Boyolali-Kabar duka datang dari rombongan jemaah calon haji (JCH) Embarkasi Solo, salah satu dari JCH asal Pucak Wangi Kabupaten Pati, Jawa Tengah dilaporkan meninggal dunia di Rumah Sakit Mekah.

“JCH yang meninggal dunia atas nama Subagi Darnoso Daud, usia 59 tahun, warga Pucakwangi, Kabupaten Pati. Jemaah ini merupakan anggota kelompok terbang (Kloter) 2,” kata Koordinator Humas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, pada Rabu 23 Juni 2022.

Menurut dia, pihaknya menerima kabar terkait salah satu JCH yang meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi ini sekitar pukul 17.05 waktu Arab Saudi. Subagi diduga meninggal karena Cardiovascular Desease atau penyakit jantung.

“Dimakamkan di Sharae, Makkah,” jelas Sarip.

Ia menuturkan hingga saat ini jemaah calon haji dari Embarkasi Solo yang meninggal dunia di Arab Saudi sejumlah 2 orang. Sebelumnya, seorang jemaah calon haji Kloter 15 asal Kabupaten Sragen yaitu Purnomo Sokariyo Sastro, usia 61 tahun, warga Masaran, Kabupaten Sragen.

Jemaah calon haji tersebut meninggal dunia pada Sabtu 18 Juni 2022 di Al Safiah Health Care Center. Penyebabnya karena penyakit jantung dan dimakamkan di Baqi, Madinah.

“Kami sampaikan bawah Pemerintah membadal hajikan seluruh jemaah yang wafat sebelum wukuf,” katanya.

Ditambahkan calon haji asal Pati yang meninggal terebut dimakamkan di Mekah, Arab Saudi. Almarhum tercatat sebagai salah satu JCH Indonesia yang meninggal dunia di Mekah, pada musim haji 1443 Hijriyah/ 2022 Masehi.