Salah Satu Kandidat Pemimpin Pura Mangkunegaran Ziarah Ke Makam Punggowo Baku

KRMH. Roy Rajasa Yamin menyatakan bersyukur bisa sampai ke makam Punggowo Kawandasa Baku di Nglembu Sambi (/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI- Dibulan Safar, makam para leluhur keraton, mulai diserbu peziarah dari berbagai daerah. Di antara peziarah tampak pula putra dan kerabat dekat pura mangkunegaran. Peziarahan ke makam leluhur menjadi salah satu ritual tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat maupun kerabat keraton.
KRMH. Roy Rajasa Yamin,yang berziarah bersama rombongannya pada Jumat (1/10/2021) sore, mengatakan, ziarah ke makam para leluhur sudah menjadi tradisi turun-temurun yang dilakukan pada bulan bulan tertentu. Komplek makam Beteng, Dukuh Krisik, Desa Nglembu, Kecamatan Simo.
Makam tersebut diperkirakan sudah ada sejak 1780an, ada dua makam Punggowo Kawandasa Baku (40 Prajurit inti) Pangeran Sambernyawa pendiri Pura Mangkunegaran. Yakni Joyo Mursito dan Joyo Tilarso.
Selain itu ada juga tokoh lain yang makamkan di kompleks makam yang ada diatas bukit ini.
Antara lain, Ki Ageng Singoprono III, IV dan Makam Ibu Mertua dari Raja Solo PB VI, Raden Ayu Tasik Wulan.
Nama Roy disebut-sebut kuat untuk menggantikan Raja Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara IX yang telah wafat. Roy merupakan cucu dari Mohammad Yamin dan cucu KGPAA Mangkunegara VIII, atau anak pertama dari dua bersaudara pasangan dari Dang Rahadian Sinayangish Yamin dan GRA Retno Satuti (putri tertua KGPAA Mangkunegara VIII).
Ditemui usai berziarah, Roy menyatakan bersyukur bisa sampai ke makam tersebut, ia mengaku terharu dengan kondisi makam ini yang dirawat oleh masyarakat sekitar. Untuk itu, kedepan dia akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar makam ini dapat dijadikan destinasi wisata religi.
“Kedatangan kami kesini mewakili keluarga Mangkunegaran. Akan komunikasi lagi, infrastrukturnya bisa diperbaiki lagi,” pungkasnya.