Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran di Boyolali Masih Stabil

Pengawasan daging jelang Lebaran di Boyolali. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran 2021, harga sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di wilayah Boyolali masih stabil. Hal tersebut terungkap saat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Boyolali menggelar kegiatan operasi pasar tradisional.

“Setelah kami cek ke pasar-pasar yang besar Alhamdulillah untuk masalah stok barang sembako yang dibutuhkan masyarakat aman, surplus. Tidak ada stok yang kurang, surplus,” jelas Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Boyolali, Karsino di sela monitoring di Pasar Sunggingan Boyolali. Selasa (11/5/2021).

Dijelaskan, sejumlah komoditi menjadi titik fokus dari operasi pasar ini karena memang komoditi tersebut merupakan bahan pangan yang lazim dicari masyarakat menjelang Lebaran. Antara lain ada cabai, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging ayam, minyak goreng, telur, gula pasir, dan beras.

“Yang paling pokok dan terpenting adalah stok. Jangan sampai stok barang sembako yang ada diminiati oleh masyarakat itu tidak ada,” ungkapnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Warga diminta tidak menimbun barang agar ketersediaan di pasar tetap aman.

Adapun operasi pasar ini terbagi menjadi dua tim. Tim I mengunjungi Pasar Pengging; Pasar Boyolali dan Pasar Sunggingan yang berada di Kecamatan Boyolali Kota. Sedangkan Tim II melakukan operasi pasar di Pasar Ampel dan Pasar Karanggede.