Pilkada Serentak, Berharap 77,5 % Pemilih Gunakan Hak Pilihnya

Live Sosialisasi Pilkada Serentak bertajuk "Pemilih Cerdas, Aman, dan Sehat" tersebut disiarkan secara langsung di studio TATV Solo pada Sabtu (21/11/2020) lalu. (Istimewa/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG – SOLO – Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ditjen IKP, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menggelar sosialisasi Pilkada serentak. Dari sosialisasi tersebut diharapkan dapat mengejar target 77,5% pemilih menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Sosialisasi Pilkada Serentak bertajuk “Pemilih Cerdas, Aman, dan Sehat” tersebut disiarkan secara langsung di studio TATV Solo pada Sabtu (21/11/2020) lalu. Siaran tunda acara ini dapat Anda saksikan di akun YouTube Ditjen IKP Kominfo.

Sejumlah nara sumber dihadirkan dalam acara ini, Ketua KPUD Solo Nurul Sutarti, Tenaga Ahli Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Hendrasmo, serta dari Yayasan Cemara Sembilanbelas Alois Wisnuhardana.

Seperti diketahui, Pilkada secara serantak akan dilaksanakan pada Bulan Desember 2020. Total daerah yang akan menggelar pemilihan Kepala daerah secara serentak sebanyak 270 daerah, terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

“Sosialisasi pemilu kepada Publik sangat diperlukan agar mereka dapat menggunakan hak memilih secara cerdas. Pemilih perlu mengetahui dan memahami tahap demi tahap dalam Pilkada serentak ini termasuk juga peraturan pencoblosan dari DPT hingga mengenal calon-calon Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah yang akan dipilih. Pemilih juga perlu menghayati nilai-nilai demokrasi di balik proses dan dinamika pemilu sehingga dapat diselenggarakan juga aktivitas literasi politik yang berkesinambungan dan berkelanjutan dalam momentum Pilkada serentak 2020,” terang Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ditjen IKP, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Wiryanta melalui keterangannya.