Polres Boyolali Dapat Mobil Water Cannon dari Mabes Polri

Demo water canon di Mapolres Boyolali bantuan dari Mabes Polri melalui Polda Jateng, Jumat 4 Oktober 2019. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Polres Boyolali mendapat satu unit Armored Water Cannon (AWC) dari Mabes Polri melalui Polda Jateng yang bisa digunakan sebagai pelaksanaan operasi represif hingga tugas kemanusiaan.

Usai serah terima unit AWC, Jumat (4/10) siang, Kapolres Boyolali, AKBP Kusumo Wahyu Bintoro ‎menjelaskan, pihaknya mendapat satu unit AWC dengan salah satu pertimbangan, bahwa di wilayah hukum Polres Boyolali terdapat berbagai objek vital, diantaranya bandara dan depo Pertamina.

Dimana fungsi utama kendaraan taktis berkapasitas angkut 6.500 liter tersebut diperuntukkan untuk mengurai konsentrasi massa, dengan jarak efektif semprotan antara 50 meter hingga 70 meter. “‎Termasuk untuk pengamanan Pilkada Boyolali 2020 mendatang. Kita siap amankan jalannya Pilkada agar bisa berjalan lancar dan sukses,” tegasnya.

Selain fungsi represif, sambungnya, AWC tersebut juga bisa digunakan untuk tugas-tugas kemanusiaan. Diantaranya dropping air bersih saat musim kemarau, perbantuan untuk pencegahan dan pem‎adaman kebakaran, hingga untuk menyiram tanaman.

Unit kendaraan ini juga bisa diperuntukkan untuk sarana edukasi pengenalan tugas-tugas kepolisian, baik kepada siswa sekolah ataupun masyarakat umum. Hadirnya kendaraan ini juga akan bisa meningkatkan moral dan semangat petugas kepolisian dalam menjalankan fungsinya.

“Jadi mobil ini multi fungsi untuk berbagai kegiatan,” tandasnya.