Ini Dia Enam Unsur Kostum SBC X

Salah satu peserta Solo Batik Carnival memeragakan kostum yang akan digunakan pada Grand Carnival 15 Juli 2017. | Ichwan Prihantoro (/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SOLO– Salah satu bukti adanya inovasi di ajang Solo Batik Carnival (SBC) X, yakni adanya enam tema yang akan ditampilkan, dalam ajang yang berlangsung, Jumat-Minggu (14-16/7) mendatang.



Secara keseluruhan memang, ajang ini mengusung tema Astamurti Kawijayan, namun secara sajian kostum ada enam yang ditampilkan.

“Kami persiapkan enam kostum, yakni kostum wayang, kostum topeng, ratu pantai selatan, candi, lampu serta Jatayu,” jelas Art Director SBC X Ihsanudin, saat jumpa pers dengan wartawan, Jumat (7/7) sore kemarin.

Tak hanya itu saja, mengingat ajang ini juga diikuti peserta anak-anak atau yang sering dikenal dengan SBC kids, secara khusus mereka mengenakan kostum flora dan fauna.

Terpisah Ketua Yayasan SBC Susanto memastikan selama karnaval dari kawasan Stadion Sriwedari hingga benteng Vanstenburg, para peserta akan berhenti di beberapa titik, salah satunya di kawasan perempatan Ngarsopuro. Disana mereka akan berhenti sejenak untuk menampilkan kostum hasil karya mereka.

“Tepat pukul 12.00 WIB karnaval SBC X akan kita mulai,” tegasnya. (tya)