Cerita Peserta JKN Asal Klaten, Menggunakan Aplikasi Mobile JKN Saat di Rumah Sakit

Fokus Jateng-KLATEN,- Hadirnya Aplikasi Mobile JKN ternyata sangat membantu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Klaten. Terutama dalam mengakses berbagai fitur layanan fasilitas kesehatan.

Salah satu warga asal Klaten Valent Aldi Firmansyah yang telah merasakan manfaatnya secara langsung saat berobat di Klaten. Terutama saat mendaftarkan secara online melalui Aplikasi Mobile JKN saat pemeriksaan di Rumah Sakit Umum (RSU) Islam Klaten.

Ia selalu menggunakan Aplikasi Mobile JKN setiap kali melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Bahkan tidak hanya dirinya saja menggunakan tetapi anggota keluarga lainnya juga memanfaatkan inovasi dari BPJS Kesehatan tersebut.

“Saat saya mengantarkan kakak saya untuk memeriksakan gigi di RSU Islam Klaten juga menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk mendaftarnya. Jadi sebelum ke rumah sakit sudah mendaftar terlebih dahulu di rumah,” ujar Valent Jumat 19 April 2024.

Untuk diketahui, salah satu fitur dalam Aplikasi Mobile JKN yakni pendaftaran online. Hal itu yang membuatnya bisa mendaftar dari rumah tanpa harus mengantre lagi. Saat menekan fitur pendaftaran pelayanan akan diarahkan ke fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat pertama dan faskes rujukan tingkat lanjut.

Melalui fitur tersebut bisa langsung tersambung dengan faskes tingkat pertama. Kemudian memilih poliklinik yang hendak dituju dan tanggal pendaftaran. Begitu juga memilih jadwal dokter hingga mengisikan keluhan yang dirasakan. Tahapan yang sama juga akan dilalui pada saat pendaftaran untuk pemeriksaan ke faskes rujukan tingkat lanjut. Hal itu menjadikan para peserta JKN saat sampai di rumah sakit tinggal menunjukan nomor antrean dalam aplikasi kepada petugas kesehatan. Selain itu, menurut Valent dengan hadirnya Aplikasi Mobile JKN pada fitur antrean online tersebut dapat menghemat waktu tunggu.

“Menurut saya Aplikasi Mobile JKN sangat membantu kami, terutama dalam mendapatkan nomor antrian. Jadi tidak perlu datang ke rumah sakit. Menghemat waktu dan efisien sehingga tidak perlu datang lagi ke rumah sakit lagi hanya untuk dapat antrean,” ujar Valent.

Pihaknya pun terus berkomitmen untuk menggunakan Aplikasi Mobile JKN saat berobat di RSU Islam Klaten. Dikarenakan didukung berbagai fitur dalam memudahkan untuk mengakses pelayanan kesehatan. Terutama untuk pendaftaran faskes tingkat pertama hingga rujukan tingkat lanjut.

“Berkat inovasi BPJS, saya dan keluarga dalam melakukan pemeriksaan di rumah sakit maupun klinik, tanpa ribet, banyak manfaat dan yang paling penting berobat lebih cepat,” ujar Valent

Valent mengaku kini tidak ragu lagi untuk menggunakan Aplikasi Mobile JKN lewat smartphone-nya. Pihaknya akan merekomendasikan kepada anggota keluarga lainnya maupun lingkungan di sekitar rumahnya. (ist)