Kwarcab Boyolali Bagikan Ratusan Santunan Anak Yatim

Fokus Jateng-BOYOLALI, -Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 1109 Boyolali memberikan santunan kepada ratusan anak yatim piatu dari siswa SD, SMP hingga SMA/ SMK se Kabupaten Boyolali.

“Iya hari ini, kwarcab Boyolali telah membagikan bingkisan lebaran berupa makanan pokok dan uang saku kepada adik adik pramuka penegak, penggalang serta anak anak golongan siaga, ” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, Supana usai penyaluran donasi di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, Sabtu 6 April 2024.

Disebutkan ada sebanyak 210 anggota pramuka yang menerima santunan dalam bentuk bingkisan dan uang, total dana yang kucurkan sebanyak Rp. 42.000.000. “Kegiatan ini sebenarnya merupakan aksi dari adik adik pramuka peduli yang dikomandoi bidang abdimas humas kwarcab Boyolali, kegiatan ini sekaligus edukasi bahwa kita hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara ini harus benar benar bisa mengimplementasikan dari tata nilai yang diajarkan di kepramukaan yaitu dasa darma maupun tri satya. Dan ini menjadi program setiap tahun,”imbuhnya.

Sementara itu dalam laporannya ketua panitia penyelenggara, Agus Winarno, mengatakan, kegiatan donasi dimulai sejak tanggal 21 Maret 2024 hingga 5 April 2024 atau selama 16 hari dengsn sasaran kwarran dan gugus depan se kabupaten Boyolali, terkumpul dana sebanyak Rp. 42.000.000, kemudian donasi tersebut disalurkan kepada 210 anak yatim piatu.

“Selain itu, aksi pramuka peduli karya bakti lebaran tahun 2024 juga melaksanakan beberapa kegiatan seperti aksi pramuka berbagi takjil, aksi layanan pemudik, aksi pramuka peduli pencegahan demam berdarah dan aksi pramuka lainnya,” katanya.

Pelaksana Humas Kwarcab Boyolali, Eksani, menambahkan, untuk santunan kepada anak yatim piatu tersebut pihaknya menganggarkan Rp. 200.000 per orang, dengan rincian Rp. 100.000 untuk uang saku dan Rp. 100.000 untuk makanan pokok kebutuhan lebaran. “Awalnya hanya menargetkan seratus orang, namun malah bisa menyasar 210 orang anak yatim, luar biasa sekali kepedulian anggota pramuka Boyolali, kami mewakili panitia mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada seuluruh anggota pramuka boyolali yang ikut berdonasi maupun yang mencurahkan tenaga dan pikirannya terhadap aksi pramuka peduli tahun ini, semoga lelah kakak semua menjadi lilah dan berkah,” katanya.

Salah satu siswa penerima dari SDN 2 Nepen, Deya Fitriyani, mengaku sangat senang bisa mendapatkan bingkisan lebaran dan donasi uang dari Pramuka Kwarcab Boyolali.

” Saya senang sekali, ini baru kali pertama mendapat bantuan jelang lebaran dari Pramuka, semoga tahun depan bisa dapat lagi,” ujar siswi kelas IV tersebut. (ist)