Pura Mangkunegaran Bikin Event Keren di Akhir Tahun 2022, Dari Masak Apem Khas Mangkunegaran hingga Kelas Tari

Pura Mangkunegaran Solo membuka kesempatan warga Solo untuk belajar membaca dan menulis aksara Jawa. (Foto: Ist/Didik Kartika (/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG–SOLO– Pura Mangkunegaran bikin event keren di akhir tahun 2022, dari masak apem khas Mangkunegaran hingga kelas tari.

Di penghujung akhir tahun 2022 ini, Pura Mangkunegaran menggelar event yang bisa diikuti oleh masyarakat, mulai tanggal 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

S.I.J.K.G.P.A.A. Mangkoenagoro X menjelaskan Pura Mangkunegaran kini sangat terbuka untuk masyarakat yang ingin mengenal budaya Mangkunegaran.

“Kegiatan-kegiatan ini kami laksanakan sesuai peran Pura Mangkunegaran sebagai wadah bagi masyarakat untuk dapat turut serta dan berpartisipasi langsung dalam proses pengenalan dan pelestarian kebudayaan Mangkunegaran,” ujar Mangkoenagoro X.

Sementara RMH Haryo Dananjoyo, Humas Pura Mangkunegaran mengatakan, Pura Mangkunegaran menyelenggarakan beberapa kegiatan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum selama masa libur akhir tahun 2022.

“Kegiatan ini sebagai upaya dan sarana Pura Mangkunegaran untuk mengenalkan dan melestarikan kebudayaan Mangkunegaran kepada masyarakat umum,” terang RMH Haryo Dananjoyo, Humas Mangkunegaran dalam rilis yang diterima Fokusjateng.com, Sabtu (24/12/2022).

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan, menurut dia, antara lain demo memasak apem khas Mangkunegaran, kelas tari gaya Mangkunegaran, perkenalan aksara Jawa, dan foto dengan busana adat khas Mangkunegaran.

“Pada demo memasak apem khas Mangkunegaran, masyarakat akan diajak untuk belajar memasak apem didampingi oleh abdi dalem juru masak Pura Mangkunegaran, apem yang dimasak tersebut kemudian dapat dikonsumsi oleh masyarakat,” papar pria yang sering disapa Kanjeng Dananjoyo tersebut.

Kanjeng Dananjoyo menambahkan, pada kelas tari gaya Mangkunegaran, masyarakat akan didampingi oleh abdi dalem Kemantren Langenpraja dalam mempraktikkan gerakan tari Bondoyodo (untuk putra) dan Gambyong Pareanom (untuk putri).

Kelas Menulis dan Membaca Aksara Jawa

Dirinya menyebut, Kawedanan Reksa Pustaka Praja Mangkunegaran juga akan menyediakan kelas perkenalan menulis dan membaca aksara Jawa.

Pada kelas ini, sambung dia, masyarakat diajak untuk mengenal aksara Jawa, menyalin beberapa contoh kutipan serat atau naskah koleksi Mangkunegaran, dan menuliskan nama masing-masing dalam aksara Jawa.

Selain itu, ditambahkan, juga ada kegiatan foto dengan busana adat khas Mangkunegaran di area Pura Mangkunegaran. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan akhir tahun di Pura Mangkunegaran dapat diakses melalui Instagram @puromangkunegaran.

Pada pelaksanaan kegiatan akhir tahun tersebut, Pura Mangkunegaran juga berkolaborasi dengan Dapoerdongeng Noesantara, konsultan edukasi budaya yang memiliki pengalaman mengkurasi dan memproduksi program edukatif.

“Dapoerdongeng merasa terhormat mendapat kepercayaan dari S.I.J.K.G.P.A.A. Mangkoenagoro X sebagai mitra dalam pengembangan kesenian dan kebudayaan di Pura Mangkunegaran. Kami sungguh bersemangat bisa bekerja sama dengan sosok pemimpin dan lembaganya yang memiliki kesamaan visi,” ujar Yudhi Soerjoatmodo, kurator dan Direktur Dapoerdongeng Noesantara. (Didik Kartika)