Lomba Layang-Layang Berukuran Raksasa di Banyudono

peserta lomba layang layang desa dukuh banyudono boyolali 2020 (Ichwan PH/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG – BOYOLALI – Guna membangkitkan kembali perekonomian desa, warga Desa Dukuh, Banyudono, Boyolali menggelar event lomba layang – layang. Memperebutkan hadiah jutaan rupiah, lomba tersebut dibagi menjadi tiga kategori lomba.

Adapun ketiga kategori tersebut adalah tangkap layangan, lomba layangan paling tenang di udara dan kreasi layangan.

“Lomba layang – layang ini kita bagi menjadi tiga kategori, yaitu lomba tangkap layang layang, lomba layangan paling tenang diudara dan lomba kreasi layangan,” kata Sudadi ketua panitia lomba layang-layang.

Peserta lomba layang layang ini juga terbatas. Mengingat lokasi yang digunakan untuk lomba juga sangat terbatas. Hanya bisa menampung enam puluhan peserta saja.

“Peserta lomba layang-layang ini kami batasi hingga 60 peserta. Karena lokasi yang kami gunakan hanya mampu menampung 60 peserta. Sebetulnya masih banyak peserta yang daftar, tapi mengingat kami hanya membatasi 60 peserta, jadi banyak juga yang kita tolak,” Imbuh Sudadi.

Lomba layang – layang ini diharapkan mampu menggerakkan perekomian desa setempat. Kususnya bagi warga perajin layang-layang.

“Kami berharap dengan adanya lomba layang-layang ini ekonomi masyarakat dapat bergerak dengan membuat kreatifitas layangan masing masing, dan akhirnya masyarakat kami mendapatkan hasil dari membuat layang-layang,” kata Sri Sadono Kepala Desa Dukuh.

“Kedepan lomba Layang- Layang ini akan diperluas tingkatanya. Karena masih banyak peserta yang tidak bisa mendaftar. Dan penonton yang membludak,” pungkasnya.

Acara yang baru kali pertama diselenggarakan ini, ternyata mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat setempat dan sekitarnya.

Ini terbukti dengan berjubelnya warga yang antusias ingin menyaksikan lomba layang-layang tersebut yang memenuhi jalan menuju lokasi lomba.

Meski masih tingkat lokal, kreasi layang- layang yang ditampilkan peserta cukup beragam dan kreatif. Dari yang berukuran sedang hingga berukuran besar. Ada karakter sponge bob, garuda, elang, ikan lele, perahu layar, jaran kepang, kelelawar, dan jagung.

Juara umum lomba layang-layang ini diraih oleh Diyono, dengan layang-layang berbetuk elang berukuran lebih dari dua meter.

VIDEO DOKUMENTASI LENGKAPNYA SILAKAN ANDA SIMAK DI BAWAH INI!!!!