Embung Sudah Jadi, Warga Desa Sukorejo Sambirejo Mulai Olah Ladang

Petani Desa Sukorejo mulai bercocok tanam setelah pembangunan embung jadi Sabtu 10 November 2018. (Huriyanto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SRAGEN-Progran pembangunan embung di Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen dalam rangka TMMD Reguler ke-103 Kodim 0725/Sragen sudah selesai.

Embung yang dibuat oleh Satgas TNI dan warga yang baru selesai sudah langsung terisi penuh air Sabtu 10 November 2018. Embung yang rencananya digunakan untuk irigasi ke sawah dan ladang warga ini langsung disambut oleh warga Sukorejo setelah jadi.

Warga Sukorejo yang mempunyai ladang di sekitar embung langsung beramai-ramai menggemburkan tanahnya dengan cara mencangkuli ladang untuk ditanami jagung dan kacang panjang. Warsito (52), salah satu warga yang berada di ladang mengaku, ladangnya dulu dibiarkan saja menganggur tidak dimanfaatkan untuk pertanian.

Karena irigasinya susah, hanya musim hujan saja bisa dimanfaatkan. Berbeda dengan sekarang setelah embung jadi . Kapanpun membutuhkan air untuk tanamanya bisa dengan mudah mengambil air dari embung.

“Tentunya ini sangat berguna dan membantu sekali bagi kami warga sekitar dalam memanfaatkan lahan kami untuk sekedar menambah pemasukan guna memperbaiki ekonomi dalam keluarga kami.” ungkapnya.