Sembari Main Game, Satgas TMMD Ajari Anak-Anak Mengerti Pentingnya Kesehatan

Prajurit TNI mendampingi anak-anak Desa Sukorejo mengisi hari libur dengan bermain game sembari belajar tentang kesehatan Minggu 4 November 2018. (Huriyanto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SRAGEN-Untuk lebih dekat dengan warga Desa Sambirejo, terlebih anak-anak, Satgas TMMD Kodim Sragen terus melakukan pendekatan. Kebetulan anak-anak yang sedang menikmati libur sekolah Minggu 4 November 2018.

Di sela-sela istirahat siang pengerjaan program TMMD, anggota satgas melihat beberapa anak sedang duduk-duduk di teras rumah Sukidi (48), warga Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Lantas dihampiri mengajak mereka bermain game di laptop. Sembari bermain, sekaligus juga belajar dengan diselingi pengetahuan tentang menjaga pola hidup sehat.

Hal ini mengingatkan mereka pada kebiasaan pola hidup yang kurang bersih yang mengakibatkan munculnya sumber penyakit pada tubuh manusia. Karena kebersihan adalah merupakan pangkal kesehatan.

Pepatah mengatakan bahwa “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Kalimat ini dihembuskan kepada anak-anak sembari diajak bermain laptop. Di samping itu juga di selipkan pembelajaran dan pengetahuan sejarah perjuangan serta wawasan kebangsaan.

“Menjaga kebersihan harus dimulai dari usia dini. Pada usia tersebut mulai ditanamkan pola hidup bersih dan sehat. Bisa dimulai dari lingkungan sekitar rumah. Setiap hari setiap anggota keluarga harus mempraktikkan nilai-nilai kebersihan mulai dari kebersihan diri sendiri seperti mandi dengan gosok gigi dan seterusnya,” kata Sertu Anto, anggota Satgas Kodim 0725/Sragen.

Meskipun hanya sebagian kecil ilmu diberikan kepada mereka dan juga terkesan sederhana, tetapi diharapkan membawa pengaruh terhadap pola pikir anak-anak kelak setelah menjadi dewasa. Dengan harapan akan bisa di tularkan ke lingkungannya masing-masing.