Kemenhub Resmikan 16 Terminal Tipe A se-Indonesia. Salah Satunya di Kabupaten Klaten

Peresmian Terminal Tipe A Ir Soekarno Klaten, Kamis 2 November 2017. (Joko Larsono/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – KLATEN – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara serentak meresmikan 16 terminal tipe A di seluruh Indonesia, Kamis 2 November 2017. Di Kabupaten Klaten, Kemenhub meresmikan Terminal Tipe A Ir Soekarno.

Dari 16 terminal tipe A tersebut, yakni, Terminal Tirtonadi (Solo), Giriadipuro (Wonogiri), Bangga Bangun Desa (Cilacap), Pemalang, Pekalongan, Ciakar (Sumedang), Sei Ambawang (Pontianak), Sri Bulan (Sarolangun), Ir Soekarno (Klaten). Serta Terminal Bawen (Semarang), Subang, Harjamukti (Cirebon), Arjosari (Malang), Kertonegoro (Ngawi), Terpadu Merak (Cilegon), dan Batu Ampar (Balikpapan).

Direktur Prasarana Perhubungan Darat Kemenhub Wahyu Ningrum mengatakan, belasan terminal yang diresmikan merupakan pilot project untuk peningkatan pelayanan terminal tipe A kepada masyarakat pengguna jasa transportasi. Sesuai SK Dirjen Perhubungan Darat Nomor 4952/AJ.002/DRJD/2017 ada 16 terminal tipe A yang ditetapkan sebagai pilot project kebersihan, ketertiban, dan kenyamanan.


”16 terminal tipe A ini menjadi pelopor untuk kebersihan, ketertiban, dan kenyamanan. Termasuk di dalamnya penanganan kedaruratan. Perlu dilaksanakan oleh seluruh stakeholder yang terkait dalam operasional terminal, baik petugas, awak kendaraan, penumpang, operator angkutan, dan pedagang di lingkungan terminal,” katanya dalam peresmian percontohan 16 terminal untuk mewujudkan terminal bus A “Wow Jauh Lebih Keren” di Terminal Ir Soekarno, Klaten.