Boyong Artis Nasional di Perayaan Satu Abad Hari Jadi Karanganyar

Panggung utama untuk perayaan satu abad Hari Jadi Karanganyar sudah mulai dipasang di Alun-Alun Karanganyar, Kamis 13 Juli 2017. | Suroto (/Fokusjateng.com)

Panggung utama untuk perayaan satu abad Hari Jadi Karanganyar sudah mulai dipasang di Alun-Alun Karanganyar, Kamis 13 Juli 2017. | Suroto

FOKUS JATENG – KARANGANYAR – Pemkab Karanganyar mengandeng salah satu stasiun televisi swasta nasional untuk mengenalkan potensi lokal di kancah nasional. Kerja sama ini dalam rangka satu abad Hari Jadi Karanganyar.



Sejumlah artis nasional maupun lokal akan memamerkan kemampuannya untuk manggung di Alun-Alun Karanganyar. Bupati Karanganyar Juliyatmono menyampaikan, Inbox bagian dari strategi mempromosikan potensi Karanganyar.

Baca juga: Jelajah Pesona Karanganyar Tandai Perayaan Satu Abad Karanganyar

”Stasiun televisi minta izin menyelenggarakan kegiatan itu. Kami menyambutnya. Mumpung gratis mlebu televisi nasional. Setelah koordinasi karena live, kami manfaatkan momentum itu jadi bagian dari promosi potensi kami,” kata bupati saat ditemui wartawan Kamis 13 Juli 2017.

Namun bupati mengajukan sejumlah syarat. Orang nomor satu di Pemkab Karanganyar yang juga ketua DPD II Golkar Karanganyar itu menyisipkan sejumlah acara lokal.

Contohnya senam personel gabungan TNI/Polri, sejumlah OPD, Pramuka, dan lain-lain; festival minum teh; bakar 10 jenis sate pada Minggu; festival kuliner dan makanan ringan; pertunjukan seni, dan lain-lain.

Baca juga: Rombongan Jelajah Pesona Karanganyar Nikmati Suasana Kebun Teh Kemuning

”Inbox mengakomodasi potensi lokal. Sudah disiapkan. Nanti akan ditampilkan potensi wisata Karanganyar. 10 jenis sate itu ayam, kelinci, kambing, kalkun, jamur, dan sate ekstrem lain. Lalu ada durian sepanjang musim. Momentum HUT ke-100. Jadi kami menyongsong melalui sejumlah kegiatan,” tutur dia.

Bupati  menegaskan bahwa pemkab tidak menggunakan dana APBD untuk mengundang program musik itu. Informasi yang beredar, penyelenggaraan kegiatan itu membutuhkan Rp 700 juta.

“Pengajuan mereka segitu. Tetapi kami hanya tuan rumah. Kami nggak mengundang. Mahal, nggak mungkin. Kami hanya menyiapkan akomodasi, seperti makan, transportasi dari dan ke lokasi. Udah itu,” ujar dia saat ditanya alokasi dana.

Baca juga: Ini Rute Gowes Bareng HUT Bhayangkara ke-71 Klaten

Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dinas Kominfo Eny Fauziah, menyampaikan, Jelajah Pesona Karanganyar merupakan rangkaian HUT ke-100 Karanganyar. “Kami mempromosikan destinasi wisata di Karanganyar supaya masyarakat berbondong-bondong mengunjungi destinasi wisata di Karanganyar. Saat Jelajah Pesona itu, akan ada festival minum teh di landasan Paralayang di Kebun Teh di Kemuning,” tutur Eny. (oto)