Keseruan Siswa SD Belajar sambil Bermain di KRIB

Fokus Jateng- BOYOLALI,-Ratusan siswa sekolah dasar (SD) kunjungi Kebun Raya Indrokilo (KRIB). Salah satunya para siswa SDN 2 Nepen, Teras, Boyolali.

Menurut salah satu guru SDN 2 Nepen, Eksani, kedatangan para siswa itu untuk mengenal lebih dekat berbagai konservasi tanaman langka. Sekaligus memenuhi undangan hari jadi KRIB yang ke lima.

“Kegiatan untuk memeriahkan hari jadi KRIB ke 5 tahun, di kebun raya anak anak diajak untuk mengenal tanaman langka, tanaman obat hingga tanaman buah yang ditanam di Kebun raya, uniknya di kebun raya itu setiap pohon memiliki KTP jadi anak anak semakin mengenal pohon yang ditanam,” katanya. Kamis 25 April 2024.

Menurut pengelola Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Meitasari Widianto, kegiatan mengundang anak anak SD di sekitar kebun raya ini untuk memeriahkan hari jadi Kebun Raya Indrokilo ke 5 tahun ada 9 SD yang di undang seperti SDN 1 Nepen, SDN 2 Nepen, SDN 1 Kopen, SDN 2 Kopen, SDN 1 Sudimoro, SDN 2 Sudimoro, SDN 1 Butuh, SDN 2 Butuh dan SDII Al Abidin,

“Salah satu tujuannya untuk mengenalkan tanaman langka serta berbagai tanaman lainnya yang ditanam disini kepada anak anak agar lebih mencintai lingkungan sekitar,” ujarnya menambahkan bahwa puncak hari jadi KRIB nanti akan digelar di joglo kebun raya pada 3 Mei 2024 mendatang.

Salah satu siswi SDN 2 Nepen, Latifah Kiran, mengatakan sangat senang sekali bisa berkunjung ke KRIB bersama teman sekolahnya. Terlebih saat diajak mengenal tanaman buah langka dan tanaman obat yang dijelaskan oleh petugas,

” Senang bisa kenal banyak tanaman langka, selain itu juga bisa bersepeda dan bermain,” kata siswi kelas V tersebut.

Untuk diketahui, KRIB merupakan salah satu kebun raya terbesar di Jawa Tengah, memiliki luas lahan sekitar 8,9 hektar dan masuk ke dalam administratif Desa Butuh, Kecamatan Mojosongo, Boyolali.

Diresmikan oleh Bupati Boyolali Seno Samodro pada tanggal 3 Mei 2019 yang lalu, KRIB ini perlahan berkembang menjadi salah satu tujuan wisata edukasi di Boyolali, selain itu tempat ini juga merupakan salah satu tempat konservasi tanaman langka serta tempat edukasi, penelitian hingga menjadi obyek wisata. Pada tanggal 3 Mei 2024 mendatang Kebun Raya Indrokilo memasuki usia 5 tahun, berbagai kegiatan menarik dilakukan pengelola untuk menjadikan Kebun raya indrokilo sebagai tujuan wisata edukasi. (ist)