Hujan Deras dan Angin Kencang, Sejumlah Pohon Tumbang di Ampel Boyolali

Fokus Jateng- BOYOLALI,- Diguyur hujan deras dan angin kencang sejak petang hingga malam, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Peristiwa ini menimpa dua dukuh di dua desa wilayah Kecamatan Ampel, pada Minggu 14 April 2024 malam.

Menurut Kepala BPBD Boyolali, Suratno, peristiwa bermula pada Minggu pukul 17:30 waktu setempat, terjadi hujan deras disertai angin puting beliung yang berdampak pada beberapa pohon tumbang yang melintang di jalur pedesaan dan beberapa kerusakan pada bangunan rumah milik warga.

“Kejadian itu menyebabkan kerusakan di dua titik yaitu di Dukuh Mangklongsari, Rt.01/02, Desa Gondang Slamet dan Dukuh Karanggondang, Rt.02/09, Desa Candi, Kecamatan Ampel,” kata Suratno, Senin, 15 April 2024.

Disebutkan, kencangnya angin puting beliung itu, mengakibatkan kerusakan pada kandang ternak milik Sutarno di Dukuh Mangklongsari, Rt.01/02, Desa Gondang Slamet, Kecamatan Ampel.

” Bangunan kandang dari kayu dengan ukuran 6 x 8 meter mengalami kerusakan,”katanya.

Kemudian, kerusakan pada teras rumah milik Sri Yuliati di Dukuh Karanggondang, Rt.02/09, Desa Candi, Kecamatan Ampel. Derasnya hujan dan angin kencang mengakibatkan material teras dari kayu dan asbes dengan ukuran 3 x 4 meter ambrol.

“Teman-teman TRC BPB bersama warga juga berupaya melakukan evakuasi pohon tumbang menutupi akses jalan penghubung desa di Dukuh Karanggondang, Rt.02/09, Desa Candi, Ampel.”

Suratno menjelaskan, pohon tumbang itu tidak hanya menutupi jalur jalan desa, namun juga menimpa beberapa rumah warga. Berdasarkan hasil koordinasi dengan perangkat desa dan warga sekitar penanganan pohon tumbang yang menimpa rumah warga dilanjutkan pada Senin (15 April) pagi dengan giat gotong royong.

“Tidak ada korban jiwa maupun pengungsian dalam kejadian itu.” (**)