Begini Respons Gibran Soal Jokowi Bakal Pimpin Langsung Tim Transisi Pemerintahan ke Prabowo

Fokus Jateng-SOLO- Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut-sebut bakal memimpin langsung Tim Transisi Pemerintahan ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Menanggapi hal itu, calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka belum ingin berkomentar banyak.

“Itu nanti saja,” jawab Gibran singkat saat ditemui awak media seusai menghadiri pembagian Paket Sembako oleh Solo Bersama Selamanya di Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 6 April 2024.

Dia mengatakan yang berkaitan dengan Tim Transisi Pemerintahan agar dibahas nanti saja. Apakah Jokowi akan memimpin langsung Tim tersebut, menurutnya belum ada pembicaraan soal itu.

“Iya, dibahas nanti saja kalau itu ya. Belum ada pembicaraan seperti itu,” ucap dia.

Klaim yang menyebut bahwa Jokowi akan memimpin langsung Tim Transisi Pemerintahan ke Prabowo tersebut sebelumnya datang dari Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin.

Jokowi akan mengakhiri masa pemerintahan pada 20 Oktober 2024, saat Prabowo dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. Komisi Pemilihan Umum sudah menetapkan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka – putra Jokowi, sebagai pemenang Pilpres 2024. Proses sengketa pemilu di MK yang diajukan kubu pemenang bagaimanapun masih berjalan.

Sejauh ini belum ada keterangan atau bentuk resmi tim transisi baik dari pemerintah maupun Prabowo. Sejumlah pihak di Kubu Prabowo, seperti Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi mengatakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) belum mempertimbangkan pembentukan tim transisi pemerintahan yang sifatnya ad hoc. (A.Nur/**)