Damkar Satpol PP Dropping Air Bersih Ke Kawasan Selo Boyolali

Petugas Satpol PP dan Damkar Boyolali mengisi tandon air milik warga Dukuh Sepandan Desa Lencoh Kecamatan Selo, Boyolali (yull/Fokusjateng.com)

Fokus Jateng-BOYOLALI-Hingga saat ini beberapa daerah di Boyolali masih terdampak kekeringan. Satpol PP Boyolali menyalurkan bantuan 12 tangki atau sekitar 60 000 liter air bersih untuk warga yang mengalami kesulitan air bersih di Boyolali. Penyaluran bantuan air bersih dilakukan tim Damkar Satpol PP di kawasan lereng Merapi, Selo, Boyolali.
Kepala Satpol PP Boyolali Sunarno menyampaikan hingga saat ini pihaknya masih menerima permintaan dropping air bersih dari beberapa daerah di Boyolali. Hal itu menandakan bahwa kebutuhan air bersih di masyarakat masih tinggi. Seperti di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali.
“Kemarin sore, (Rabu-), tepatnya di Dukuh Plalangan dan Sepandan Desa lencoh kami salurkan bantuan sebanyak 8 tangki atau sekitar 40 ribu liter air bersih,” katanya. Kamis 21 Desember 2023.
Kemudian, hari ini (Kamis-) Satpol PP melakukan kembali melakukan dropping sebanyak 4 tangki atau 20 ribu liter di daerah Selo tepatnya di Dukuh Sepandan kulon. Lebih lanjut, Sunarno menyampaikan ada ratusan kepala keluarga (KK) yang mengalami kesulitan untuk akses air bersih. Adanya bantuan distribusi air bersih yang disalurkan di dua dukuh tersebut, diharapkan dapat membantu mencukupi kebutuhan akibat musim kemarau panjang akhir tahun ini. “Dropping ini kita lakukan sebagai bentuk respons terhadap fenomena kekeringan air yang banyak dialami oleh warga akibat kemarau panjang.”
Dijelaskan sebelum melakukan penyaluran air bersih ke warga. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para relawan dan pemangku wilayah. Koordinasi dilakukan untuk memetakan wilayah yang belum mendapatkan dropping air bersih.
“Dropping dilakukan di Desa Lencoh Kecamatan Selo atas permintaan warga karena kondisi sudah benar-benar kehabisan air bersih,” jelasnya. (**)