Titis Jawoto Berpotensi Kuat Jabat Pj Sekda Karanganyar

FOKUSJATENG-KARANGANYAR – Pasca Timotius suryadi ditunjuk pejabat bupati karanganyar. Ada Dua Pejabat tinggi yang saat ini duduk di Jabatan Tinggi Aparatur Sipil Negara, berpotensi untuk menduduki jabatan sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, menggantikan posisi Timotius Suryadi yang saat ini telah resmi diangkat sebagai PJ Bupati Karanganyar, menggantikan Bupati Karanganyar Rober Christanto yang telah selesai jabatannya sampai dengan 15 Desember 2023 ini.
Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media, Dua pejabat tinggi yang berpontensi untuk menggantikan posisi Timotius Suryadi, yakni Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kurniadi Maulato dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto.
Orang nomer satu di jajaran Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Karanganyar Nur Aini Farida, ketika dihubungi Radar awak media menuturkan , jika mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 4/2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota. Dalam Pasal 13 ayat (4), dijelaskan jika Pj bupati berasal dari sekda, jabatan sekda nanrinya akan diisi oleh seorang Pj.
Namun ditanya siapa Pj yang nantinya akan menggantikan Timotius Suryadi, mantan Kepala Badan Pemerintahan tersebut enggan menyebutkan dan hanya menjelaskan bahwa mereka yang nanti bisa menduduki jabatan sekda adalah Pejabat yang saat ini sudah berstatus tingkatan dalam jabatan struktural eselon II.
“Harusnya ada 30 pejabat di Karanganyar yang saat ini eselon II, tapi karena pak Sekda sudah menjadi PJ Bupati maka tinggal 29 orang yang saat jabatannya eselon II,” kata Farida.
Sementara itu salah satu pejabat yang saat ini menjabat sebagai Asisten di pemerintahan Setda Kabupaten Karanganyar mengungkapkan, Dua nama tersebut (Kurniadi Maulato dan Titis Sri Jawoto-Red) berkesempatan untuk menduduki jabatan sekda. Keduanya di pilih lantaran selain sudah senior dalam menjabat sebagai pejabat Kabupaten Karanganyar. Juga sudah mengetahui kondisi wilayah Karanganyar dari semua sektor.
“Ada dua yang berkesempatan ya mungkin kalau tidak Pak Kurniadi mungkin bisa saja pak Titis, beliau adalah pejabat yang sudah berpengalaman dan tentunya juga paling senior dari temen – temen yang lain,” terang pejabat tersebut. (Gdr/bre)