Persika Tahklukkan Malang United 2-1, Begini Review Lengkapya!

FOKUSJATENG-MALANG – Menang 2-1. Begitulah hasil laga tandang uji coba antara Persika Karanganyar melawan Malang United yang berlangsung di Stadion Karya Bhakti, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang pada Jumat (17/09/2021) sore.

Kick off oleh tim tuan rumah Malang United  mengawali pertandingan sore hari itu. Sapu bersih segera dilakukan para pemain dari kedua kubu tim kesebelasan untuk saling berebut  bola.

Berselang beberapa saat, Malang United mendominasi permainan dan melancarkan serangan bergelombang hingga dapat  menerobos hadangan para pemain Persika. Bertubi – tubi bola diarahkan ke gawang Persika, namun serangan yang dilancarkan berkali – kali membentur pertahanan pemain lini belakang Persika.

Berbalik membangun serangan, gelandang serang Persika merangsek maju ke depan gawang Malang United. Serangan itu sempat membuat pertahanan belakang dari Malang United kewalahan.

Duel sengit di area depan gawang tak terelakkan. Pemain Malang United melakukan sliding tackle untuk mengganjal gerakan Bagus Prakosa Wibowo namun terjadi pelanggaran pada menit ke 12 di area kotak penalti.

Tendangan pinalti yang dihadiahkan wasit Haldi Pratama untuk Persika tak disia – siakan oleh striker Persika, Didit Supriadi yang tepat mengeksekusi bola ke gawang Malang United. Hasilnya, tendangan 12 pas itu pun mampu menjebol pertahanan Agung Budi Eko Prasetio, penjaga gawang Malang United, sehingga skor menjadi 1 – 0.

Tak mau ketinggalan angka pada babak pertama, tendangan datar oleh pemain Malang United, Johan, segera disambut pemain Malang United lainnya dan menggiring bola menerobos ke arah depan gawang Persika, namun serangan itu kandas dihadang para pemain Persika.

Berupaya menambah gol, umpan antar kawan dilakukan para pemain Persika untuk menekan permainan Malang United. Namun sayang, umpan terakhir yang diarahkan gagal dimanfaatkan oleh Didit Supriadi, sehingga bola melambung jauh ke atas mistar gawang Malang United.

Berbalik menyerang, kali ini Malang United memanfaatkan kerenggangan lini belakang Persika. Umpan kaki dari Irawan dapat mulus dieksekusi oleh Emil ke arah pertahanan penjaga gawang Persika, Bagus Jiwo Nur Cahyo. Tepat pada menit ke 35,  Malang United dapat menyamai kedudukan dan skor menjadi 1 – 1.

Sapuan bersih Malang United kembali disambut serangan bertubi – dari para pemain Persika. Offset terjadi di depan gawang Malang United. Tendangan bebas yang dilakukan Agung, pemain dari  Malang United dapat direbut Didit Supriadi, namun lagi – lagi  tendangan pemain Persika itu  terlalu melambung ke atas mistar gawang lawan.

Menjelang menit terakhir babak pertama, kartu kuning diberikan terhadap pelanggaran yang dilakukan Veri pemain dari Malang United yang mendorong salah satu pemain Persika. Hingga pertandingan babak pertama berakhir, kedudukan masih tetap seimbang dengan skor 1 – 1.

Memasuki babak ke dua, serangan kembali  dilakukan Persika. Semakin sengit, Malang United pun membalas melancarkan serangan bergelombang namun terjadi pelanggaran yang dilakukan Sawir, pemain dari Malang United karena menabrak pemain Persika, sehingga wasit harus mengeluarkan kartu kuning untuk pemain dari tim tuan rumah itu.

Kembali melakukan serangan, tendangan Wahyu Hidayat, pemain tengah dari Persika nyaris mencetak gol, namun sayang masih dapat ditepis oleh penjaga gawang Malang United.

Pelanggaran pun kembali terjadi, kali ini kartu kuning diberikan kepada Bagus Adi Nugroho oleh wasit karena menjatuhkan pemain Malang United.

Memanfaatkan waktu yang tersisa, kedua tim kesebelasan beberapa kali harus melakukan tambal sulam pemain untuk mengusai permainan. Lagi – lagi terjadi pelanggaran, kali ini wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Saifudin, pemain dari Malang United.

Kembali mendominasi permainan, serangan kembali dilancarkan Persika dengan tendangan keras dari Dimas Adik Tri Wibowo, pemain tengah Persika, namun masih bisa ditepis oleh pemain lawan.

Tak mau kehilangan kesempatan, pantulan bola dari pemain lawan dapat direbut dan dimanfaatkan oleh Didik Dwi Darmawan, pemain sayap kiri juga striker cadangan dari Persika.

Tpat dari arah depan gawang,  Didik Dwi Darmawan berhasil mengeksekusi tendangan keras hingga mencetak gol pada menit ke 70 dan merubah skor menjadi 2 – 1.

Malang United berusaha menyamai kedudukan, duel lapangan tengah antara kedua tim kesebelasan itu kembali terjadi. Menahan serangan bertubi – tubi, membuat wing back kanan Persika, Hafidh Rayhan Sulistyo jatuh dan cedera sehingga harus keluar lapangan dan digantikan oleh Syafrudin Ar Rozaq.

Serangan bergelombang berbalik dilancarkan Persika. Umpan dari Tarno Suthul diberikan kepada Didik Dwi Darmawan namun gagal dimanfaatkan karena lebih dahulu direbut penjaga gawang Malang United.

Terjadi hand ball di area kotak pinalti. Kali ini, tendangan 12  pas dilakukan Mahardika, pemain dari Malang United,  namun masih dapat ditahan oleh penjaga gawang Persika.

Pada menit – menit akhir pertandingan, serangan boombardir dilakukan Persika. Namun dominasi serangan Persika kali ini lagi – lagi mampu ditahan oleh Malang United.

Hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan laga uji coba ke enam ini, Persika Karanganyar unggul atas Malang United dengan skor kemenangan 2 – 1.

“Alhamdulillah Persika dapat unggul 2 – 1. Salah satu faktor pendukungnya yaitu penjaga gawang Persika kali ini tampil maksimal dan bisa menahan tendangan pinalti. Jadi meskipun permainan dari Malang United juga cukup keras, namun Persika masih bisa mengimbangi,” jelas Ketua Persika Karanganyar, Prihanto,  kepada wartawan usai pertandingan.

Prihanto menambahkan, pihaknya tetap akan melakukan evaluasi untuk terus meningkatkan kemampuan para pemain Persika hingga kick off laga Liga 3 Jawa Tengah pada 2 Oktober mendatang.

“Tetap akan kita lakukan evaluasi sambil menunggu kick off, apakah perlu dilakukan penambahan pemain atau yang lainnya. Nanti akan kita koordinasikan dengan jajaran pelatih,” tandas Prihanto yang juga Ketua Umum Askab PSSI Karanganyar itu.