Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Aktivitas Satlantas Polres Boyolali Berhenti Sejenak Nyanyikan Lagu Indonesia Raya

Pengunjung Satlantas Polres Boyolali nyanyikan lagu Indonesia Raya. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Satlantas Polres Boyolali sejenak menghentikan aktivitas, bersama para pengunjung Mako Satlantas, mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya. Seorang petugas bertindak sebagai dirigen agar lagu bisa dinyanyikan bersama- sama dengan urut. Lagu pun mengalun cukup merdu di ruang tunggu pemohon SIM.

Setelah itu, petugas mengucapkan terima kasih atas peran serta para pemohon SIM untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, para pemohon SIM pun kembali duduk dan menunggu antrean panggilan untuk foto SIM di ruang khusus. Dimana tempat duduk sudah ditata berjaga jarak sesuai prokes, Kamis (20/5/ 2021).

Baur SIM Satlantas Polres Boyolali Ipda Dony Murdiyanto mengungkapkan, jika peringatan ini adalah kewajiban yang harus dilakukan secara tahunan. Dengan penuh rasa hormat dan sepenuh hati, Polres Boyolali mengajak masyarakat untuk menghormati jasa para pahlawan.

“Untuk mengenang dan menghormati jasa pahlawan, bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional ini kami meminta para pemohon untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya,” ujarnya.

Dony mengaku bangga pada peringatan ini. Terlebih ketika melihat semua orang juga ikut menghentikan aktivitas mulai dari pemohon SIM, Para anggota jajarannya, kalangan TNI hingga tukang parkir, dia pun sangat terharu. “Mereka benar benar mau mengenang jasa para pahlawan, ini membanggakan,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain di kawasan Satlantas, berbagai sektor juga melakukan peringatan yang sama yakni menghentikan aktivitas lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Mulai dari Mapolres, pegawai kantor, Kalangan TNI, bahkan para petugas Satlantas yang bertugas di jalanan juga menghentikan para pengguna jalan untuk ikut menyanyikan lagu kebangsaan.

Menurut Dony, penghentian aktivitas ini juga sebelumnya berasal dari instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang meminta warganya di Jawa Tengah untuk menghentikan aktivitas pada pukul 10.00 WIB. “Ternyata responnya luar biasa seluruh warga siap mendukung,” katanya.

Saputra (25) salah satu pengunjung Mako Satlantas mengaku sangat terharu, saat dia antri untuk sesi pemotretan SIM, mendadak ada petugas yang meminta seluruh pengunjung berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“ Saya sangat terharu, tidak hanya yang di dalam gedung, akan tetapi yang berada di luar juga terlihat berdiri tegap ikut menyanyikan lagu kebangsaan kita. Salut sekali, ini sebagai bentuk menggelorakan semangat dan cinta tanah air Indonesia,” pungkasnya.