Aksi Joki Penunggang Sapi di Cepogo Boyolali Sedot Perhatian Warga

Joki penunggang sapi unjuk kebolehan di Cepogo, Boyolali. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Aksi sejumlah joki penunggang sapi membuat heboh warga Cepogo Boyolali. Aksi ini melibatkan para penunggang sapi dan paguyuban gerobak di Boyolali, bahkan paguyuban mendatangkan langsung ratusan sapi serta puluhan gerobak. Uniknya, semua sapi yang didatangkan bisa dinaiki.

Acara unik yang terjadi di Dukuh Bendosari, Desa Jelok, Kecamatan Cepogo ini dimaksudkan untuk penggalangan dana renovasi mushola setempat, Minggu (14/3/2021).

Sekitar pukul 09.00, puluhan sapi ditunggangi oleh joki masing- masing dengan berkeliling lapangan. Tak hanya itu, joki juga beraksi dengan berdiri diatas punggung sapi. Joki tak hanya laki- laki dewasa, namun juga anak- anak bahkan ada joki perempuan.

Sapi- sapi tersebut juga bisa ditunggangi oleh pengunjung dengan pengawasan pemilik sapi. Penunggang membayar secara sukarela untuk dimasukkan ke kas panitia renovasi masjid. Panitia juga menyiapkan kotak untuk sumbangan para pengunjung.

“Semua sapi sudah jinak dan bisa ditunggangi atau dinaiki,” ujar Ketua Paguyuban Gerobak dan Nunggang Sapi Boyolali, Purnomo disela acara.

Dijelaskan, bhakti sosial seperti ini sudah bisa dilakukan anggota paguyuban. Selain bentuk komunikasi darat secara langsung antar anggota, sekaligus untuk membantu masyarakat di bidang sosial. “Ini juga sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat tentang ternak sapi. Kami ingin menunjukkan bahwa beternak sapi juga disukai kaum muda.”

Pihaknya juga berharap jajaran terkait turut memberikan perhatian terhadap usaha peternakan sapi rakyat. “Sehingga tak hanya sekedar membangun patung sapi, namun juga memberikan perhatian kepada para peternak sapi.”

Panitia renovasi mushola Dukuh Bendosari, Desa Jelok, Suyatno mengucapkan terima kasih atas peran serta Paguyuban Gerobak dan Nunggang Sapi Boyolali. “Karena bisa memberi hiburan kepada masyarakat, bisa dimanfaatkan untuk pengumpulan dana secara sukarela,” pungkasnya.

SIMAK VIDEO SELENGKAPNYA DI BAWAH INI!!