Bawaslu Boyolali Lantik 66 Anggota Panwascam Pilkada 2020

Prosesi pelantikan Panwascam Pilkada 2020 oleh Bawaslu Boyolali. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Sebanyak 50persen anggota panita pengawas kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Boyolali untuk pilkada 2020 yang baru di lantik diisi wajah-wajah baru yang diyakini mampu menjalankan tugas dengan penuh integritas. Dari 66 anggota Panwascam se Boyolali, 33 diantaranya merupakan orang baru.

Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Boyolali, Taryono. Hadir dalam acara tersebut, para camat, kapolsek dan danramil di 22 kecamatan. Kegiatan digelar di Gedung PKPN, Senin (23/12/2019).

“Setiap kecamatan terdapat 3 anggota Panwascam,”kata Taryono usai pelantikan.

Pasca pelantikan ini, pihaknya juga akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) agar seluruh anggota Panwascam mengetahui tugas dan kewenangan, utamanya dalam setiap tahapan Pilkada Bupati Boyolali tahun 2020.
“Yang pertama adalah tugas untuk turut melakukan pengawasan proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),”ujarnya.

Ditambahkan, dari 66 anggota terpilih, separo diantaranya merupakan wajah baru. Sedangkan 33 orang lainnya merupakan mantan anggota Panwascam pada pemilu sebelumnya. Mereka akan bertugas selama 11 bulan ke depan.

“66 anggota Panwascam untuk 22 kecamatan di Boyolali ini terdiri dari 51 orang laki-laki dan 15 orang perempuan.”
Terkait proses seleksi calon Panwascam, diakui berjalan sangat ketat. Apalagi jumlah pendaftar calon Panwascam di Boyolali ini sangat banyak. Tercatat sebanyak 289 pendaftar yang berasal dari seluruh Boyolali.

Namun, setelah dilakukan penelitian berkas administrasi, 11 pendaftar dinyatakan tidak lolos. Sebanyak 8 pendaftar karena belum cukup umur dimana batas minimal 25 tahun dan 2 pendaftar ketahuan mendaftar di dua kecamatan serta 1 orang tak melengkapi berkas..

“Seleksi ini dilakukan secara ketat untuk mencari anggota Panwascam yang berintegritas dalam menjaga iklim pesta demokrasi,” katanya.

Disisi lain Taryono menyambut gembira karena proses rekrutmen hingga pelantikan angota Panwascam berjalan lancar. Diharapkan, mereka dapat segera bertugas sesuai ketentuan Bawaslu Pusat.