Sekda Kabupaten Karanganyar Dilantik

Sekda Karanganyar Sutarno dan Bupati Karanganyar Juliyatmono. Suroto (/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG – KARANGANYAR – Teka-Teki siapa Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar pengganti Samsi yang telah memasuki masa pensiun terjawab sudah. Bupati Karanganyar Juliyatmono akhirnya secara resmi melantik Sutarno sebagai Sekda.
Dengan dilantiknya Sutarno sebagai Sekda mengakhiri proses panjang penentuan calon Sekda.

Juliyatmono mengakui, pengisian jabatan Sekda memang melalui proses dan lumayan panjang. Saat Sekda lama pensiun, diisi oleh Pejabat Sementara (Pjs) sambil proses seleksi berjalan.

“Bukan alot, kan semua ada mekanismenya. Saat pembukaan pendaftaran seleksi hingga ditutup hanya dua orang yang mendaftar, padahal butuh empat orang,” papar Juliyatmono usai melantik Sekda baru di ruang Podang, Kantor Dinas Bupati Karanganyar, Jumat (9/8/2019).

Bahkan Sekda yang dilantik ini pun saat pendaftaran tak mendaftar. Hanya dua nama yang resmi mendaftar. Kedua nama itu adalah Titis Sri Jawoto dan Siti Maesaroh.

Karena hanya dua pendaftar, Bupati melopor ke pusat dan kembali diizinkan untuk membuka pendaftaran bagi seleksi calon Sekda.

Akhirnya 11 orang pendaftar yang mengikuti seleksi yang seluruh proses tahapan sudah dipublikasikan secara terbuka dan transparan.
Sampai akhirnya menyisakan tiga nama yang akhirnya di kirim dan dikonsultasikan ke Gubernur diteruskan pada Komisi Aparatur Sipil Negara.

“Semua mekanismenya sudah diatur sesuai ketentuan, dan kami terbuka, tidak ada yang ditutup-tutupi,” tegas Juliyatmono.