Lereng Gunung Merapi Wilayah Musuk Boyolali Diguyur Hujan Abu

Hujan abu dirasakan warga Desa Ringinlarik, Kecamatan Musuk, Boyolali, Kamis pagi 17 Januari 2019. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Wilayah lereng Gunung Merapi di Kecamatan Musuk, Boyolali, Jawa Tengah dilanda hujan abu Kamis pagi 17 Januari 2019. Intensitas hujan abu yang diduga material aktivitas Gunung Merapi ini tipis. Dengan demikian, warga sekitar tetap beraktivitas seperti biasa.

Hujan abu ini berlangsung sekitar pukul 05.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Sekretaris Desa (Sekdes) Ringinlarik,  Kecamatan Musuk Wuryantini kepada wartawan mengatakan intensitas hujan abu tipis. “Masyarakat beraktivitas seperti biasa,” katanya.

Sebelum hujan abu, dia sempat mendengar suara gemuruh dari puncak Gunung Merapi. “Memang ada suara gemuruh dari arah puncak sebelum turun hujan abu,” tuturnya.

Sementara itu, hujan abu juga memapar sebagian wilayah Desa Cluntang. Sekdes setempat, Prihartinto mengatakan dia merasakan hujan abu sekitar pukul 07.30 WIB. Menurutnya, hujan abu tersebut berlangsung sekitar 25 menit. “Hujan abu tipis. Sekitar 15 menit dan sekarang sudah mereda dan sekarang cuaca di sini mendung, ” kata dia.

Abu tersebut dapat diamati dari dedaunan di wilayah tersebut. “Di depan rumah saya daun mawar kelihatan ada abunya, tipis,” imbuhnya.

Dilaporkannya, hujan abu tersebut juga tidak memgganggu aktivitas warga. Namun dia mengakui, dalam dua hari terakhir ini cuaca terasa lebih panas. “Dalam dua hari ini cuaca juga terasa lebih panas, rasanya sumuk.”

Sementara itu, pantauan Espos di akun resmi Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) @BPPTKG, Gunung Merapi kembali mengalami guguran. “Guguran yang teramati pada pukul 05.57 WIB berdasarkan data seismik memiliki durasi 194 detik, jarak luncur tidak teramati karena kabut. Dilaporkan terjadi hujan abu di Dusun Ngaliyan, Desa Mriyan [Musuk, Boyolali],” tulis akun tersebut yang diunggah 2 jam lalu ketika diamati pukul 09.20 WIB.

Unggahan lain di akun yang sama menyebutkan, “Selamat pagi #WargaMerapi, berikut kami laporkan pengamatan guguran lava pijar Gunung #Merapi, tanggal 17/01/2019 periode 00.00-06.00 WIB. Jumlah guguran: 3 Durasi: 40-194 detik Jarak: 400 m Arah: tenggara (Gendol).