Bawaslu Karanganyar dan Panwascam Tawangmangu Matangkan Desa Bawaslu

Bawaslu Karanganyar dan Panwascam Tawangmangu matangkan Desa Bawaslu Sabtu 5 Januari 2019. (Suroto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-KARANGANYAR-Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar, Sudarsono jelaskan konsep desaign ‘Desa Bawaslu’. Menurutnya Desa Bawaslu menjadi sangat penting mengingat Paradigma Bawaslu saat ini secara kelembagaan adalah optimalisasi pencegahan sejak dini, selain juga tentu penindakan.

“Bagi kami ini juga bagian dari pengembangan sosialisasi partisipatif seperti yang diintruksikan Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya kepada Panwascam Tawangmangu dan jajarannya, Sabtu 5 Januari 2019.

Selain itu, tambah Kordiv Organisasi dan SDM Bawaslu Karanganyar, pembentukan Desa Bawaslu tentunya bisa diharapkan dapat meminimalisir potensi pelanggaran Pemilu.

“Kita dorong Kepala Desa beserta perangkatnya untuk ikut mensosialisasikan betapa pentingnya menjaga kualitas Pemilu. Karena dari Pemilu lah nasib negeri ini bisa kita ditentukan, sehingga harus berkualitas dan berintegritas,” tambahnya.

“Point dari diskusikan kali ini, kita sudah menentukan beberapa desa yang bisa diajak untuk kerjasama. Tinggal teman-teman Kecamatan lakukan pendekatan dan nanti kita rapat lagi bersama yang melibatkan Kepala Desa dan perangkatnya,” tutupnya.

Sementara menurut Ketua Panwascam Tawangmangu, Surono, menyambut baik atas rencana Bawaslu Kabupaten berkenaan dengan pembentukan Desa Bawaslu.

“Kami atas nama Panwascam dan jajaran sekretariat mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaannya dan memilih Tawangmangu sebagai salah satu pilot project program Kabupaten. Akan segera kami persiapkan dan mulai Senin besok kita lakukan pendekatan kepada Kepala Desa terkait. Semoga program ini lancar dan segera kita launching,” sambungnya.