MUSIM HUJAN: Antisipasi Angin Kencang, Pemkab Karanganyar dan Relawan Pangkas Ranting Pohon

Memasuki musim hujan, Pemkab Karanganyar memotong ranting pohon yang sudah besar di pinggir jalan. (Suroto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-KARANGANYAR-Musim hujan sudah datang. Antisipasi bencana alam yang ditimbulkan angin kencang dilakukan Pemkab Karanganyar. Salah satunya dengan memangkas ranting pohon yang sudah rindang Selasa 4 Desember 2018.

Pemkab Karanganyar yang turun ke jalan memangkas ranting lintas sektoral. Yakni Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim SAR Karanganyar, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), dan lain-lain.

Pemkab dan dibantu relawan menyisir pohon di pinggir Jalan Lawu Karanganyar. “Tujuan mengantisipasi musim penghujan. Selain itu menyikapi beberapa kejadian pohon tumbang,” terang Kepala Dishub PKP Karanganyar Sundoro.

Dikatakan, bupati memerintahkan instansi terkait di atas untuk mengeroyok [merapikan pohon]. Merapikan sekaligus merampingkan pohon di Jalan Lawu atau yang di dalam kota. Dalam merapikan pohon, petugas tidak menghabiskan seluruh dahan pohon tetapi hanya mengurangi beban pohon sehingga tidak gersang.

“Sebagian dipotong. Kalau yang dipotong sudah tumbuh, yang bagian lain dipotong. Kalau langsung dihabiskan nanti panas. Petugas PLN di sekitar lokasi untuk mengamankan asetnya agar tidak rusak saat proses itu,” kata dia.