Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Boyolali Cetuskan Kampung Keselamatan Lalu Lintas

Satlantas Polres Boyolali mencetuskan Kampung Lalu Lintas di Kampung Sidomulyo, Kelurahan Pulisen, Boyolali, Kamis 15 November 2018. (Yulianto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Upaya menurunkan angka kecelakaan lalulintas terus digalakkan jajaran kepolisan diantaranya dengan membuat kampung keselamatan lalu lintas, langkah tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Demikian diungkapkan Kasubdid Kamsel Polda Jateng, Kompol Yunaldi disela peninjauan kampung keselamatan lalulintas di RT 04 Kampung Sidomulyo, Kelurahan Pulisen, Boyolali, Kamis 15 November 2018.

“Untuk mengurangi angka kecelakaan yang tinggi, kami dari Kesatuan lalulintas berupaya membuat kampung lalulintas, dengan melibatkan warga sekitar diharapkan dapat menekan angka kecelakaan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tertib lalin,” kata Kompol Yunaldi didampingi Kasatlantas Polres Boyolali AKP Febriani Aer.

Kunjungan ke kampung Sidomulyo, diawali dengan sosialisasi kepada sejumlah warga yang berada di lokasi tentang kesadaran berlalu lintas, Yunaldi mengatakan setelah tercipta satu kondisi tertib lalu lintas di salah satu kampung, maka kampung tersebut menjadi embrio untuk menularkan ke kampung kampung lainnya.

“Dengan banyaknya kampong keselamatan berlalulintas, diharapkan dapat mengeliminasi factor fatal kecelakan di jalan raya, seperti tidak memakai helm, kebut kebutan atau usia dibawah umur. Untuk pengendara roda empat hendaknya juga menggunakan sabuk keselamatan,” katanya.

Menurut Kepala Kelurahan Pulisen, Doni Mahendra, langkah Satlantas Polres Boyolali tersebut direspon positif warga sekitar. Hanya saja langkah tersebut tidak sekedar pada phisik atau pencanangan saja sebagai kawasan tertib lalulintas. Namun dilanjutkan edukasi kepada warga, dari lingkup terkecil tentang kesadaran berlalulintas.

“Misal bermula dari forum RT bisa menyampaikan ke putra putrinya anak pentingnya tertib berlalulintas,” jelasnya.
Sementara di sepanjang Jalan Regulo, kampong Sidomulyo berjajar puluhan leaflet dan spanduk berisi ajakan tertib berlalulintas. Bahkan dua pos keamanan juga dirubah menjadi pos kampong lalulintas.