Proyek Kelar, Jembatan Gambiran Sragen Siap Dilintasi Arusk Mudik Lebaran

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi wabup memotong pita sebagai tanda peresmian selesainya proyek Jembatan Gambiran, Rabu 6 Juni 2018. (Huriyanto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SRAGEN-Akhirnya perbaikan Jembatan Gambiran, Sragen, berjalan sesuai target dan harapan banyak pihak. Jembatan yang sebelumnya rusak tersebut, bisa selesai tepat waktu sebelum mudik Lebaran. Jembatan ini adalah jembatan sekaligus jalan utama penghubung Jawa Tengah dengan Ngawi, Jawa Timur.

Dalam peresmiannya, Rabu 6 Mei 2018, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengaku bersyukur sekali. ”Sangat bersyukur meski sebelumnya banyak yang menyangsikan akan rampung tepat waktu. Masyarakat dan kepolisian terbantu dengan selesainya jembatan ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPU PR Sragen Marija mengatakan, pengerjaan jalan ini sesuai dengan target yang ada. Surat Perintah Kerja (SPK) pengerjaan ini pada 7 Mei dan diselesaikan 5 Juni. ”Jadi pengerjaan di sisi selatan ini tidak sampai satu bulan, untuk sisi utara akan dilanjut setelah arus mudik, perkiraan 25 Juni-30 Oktober,” jelas dia.

Tidak hanya itu, pihaknya juga meyakinkan kekuatan jembatan sudah maksimum dan tidak perlu khawatir rusak. Sudah ada perkembangan teknologi pengerasan beton lebih cepat dari biasanya. Dia menegaskan jembatan mampu menahan beban 70-80 ton.

”Tidak perlu khawatir rusak, jadi sekarang memang ada teknologi untuk mempercepat umur beton. Sehingga waktu menunggu tidak lama, jika dulu menunggu waktu 21 hari sekarang bisa dipercepat, menjadi dua minggu, bahkan ada yang 3 jam saja, tapi lebih mahal,” terang Marija.