Soal Pengolahan Limbah Pati Onggok Jadi Energi Listrik, Ini Kata Camat Tulung Klaten…

Camat Tulung Rahmad Sugiarto (Joko Larsono/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – KLATEN – Pengelolaan limbah pati onggok bakal dibangun di Dukuh Bendo, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten. Pihak pemerintah kecematan setempat menyambut baik rencana Pemprov Jateng bersama pemerintah Denmark, ini. Sebab bahan yang akan diolah yakni limbah pati onggok menjadi energi listrik (biogas).

”Ini mungkin langkah awal dan mudah-mudahan terealisasi. Sebab, dulu di sini sering ada sosialisasi, namun hasilnya belum bisa diharapkan seperti sekarang ini. Dulu benar-benar warga terlihat apatis tentang sosialisasi itu,” kata Camat Tulung Rahmad Sugiarto, saat ditemui wartawan di Desa Daleman usai sosialisasi proyek pengelolaan limbah onggok, Senin 23 Oktober 2017.


Dia berharap dengan adanya kerja sama Pemprov Jateng dengan Denmark, limbah di Daleman bisa teratasi dengan baik. Selain itu limbah cairnya itu bisa diolah menghasilkan energi semacam biogas.

”Kalau limbah itu bermanfaat tentunya semua akan merasakan dari segi positifnya. Tidak hanya dapat baunya saja. Warga sudah menunggu sejak lama,” tandasnya.