Libur Natal, Wisata Air Pengging Dipadati Pengunjung

Fokus Jateng- BOYOLALI- Objek Wisata komplek Umbul Sungsang dan Tirtomarto Pengging, Kecamatan Banyudono, ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah saat musim libur Natal 2023 untuk berenang dan menikmati keindahan alam pegunungan di daerah itu.
“Kalau saat ini ada kenaikan signifikan, ya sekitar 70-80 persen pengunjung dibanding tahun lalu pada periode yang sama,” kata Pengelola Umbul Sungsang, Kecamatan Banyudono, Timbul. Selasa 26 Desember 2023.
Ia menuturkan wisatawan yang datang dari berbagai kalangan usia dari berbagai daerah dalam dan luar kota yang mengisi hari libur Natal dengan berenang di Umbul Sungsang dan Tirtomarto Pengging.
Umbul Tirtomarto memiliki beberapa kolam dan sudah ada sejak 1.893 – 1.939 sebagai tempat pemandian para Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Diantaranya, Umbul Dudo, Umbul Ngabeyan dan yang merupakan pemandian favorit Raja zaman Paku Buwono X, serta Umbul Temanten.
Dilokasi tersebut, para pengunjung juga menggelar tikar di sekitar aliran sungai dari jernihnya Umbul Sungsang. Selain lima kolam dengan satu kolam khusus anak, aliran sungai jernih itu juga menjadi spot favorit untuk berenang.
“Kenaikan Pengunjung 70 persen selama liburan sementara ini. Sebelumnya sekitar 200 orang per harinya. Selama liburan ini sampai 350 an orang perharinya.”
Pengunjung umbul masih didominasi wisatawan lokal. Baik area Boyolali maupun Solo Raya. Pihaknya memiliki empar kolam dengan berbagai kedalaman. Fasilitas baru lainnya seperti dua jembatan, tandon untuk air pancuran, termasuk penambahan tempat ganti.
“Ada kolam khusus anak juga. Kami buka setiap hari sampai pukul 17.00. Tiketnya masih sama (Seperti hari biasa,Red), Rp 4 ribu per orang, sudah masuk kebersihan dan asuransi,” imbuhnya.
Pengelola Umbul Tirtomarto atau Umbul Pengging, Wardoyo menambahkan, biasanya, pengunjung di Umbul Tirtomarto berkisar 200-an orang. Tapi saat ini mengalami kenaikan hingga 80 persen.
Menurut dia, tingkat kunjungan libur akhir tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, dan di prediksi kunjungan masih terus ramai sampai libur tahun baru. (**)